Belajar Cara Membuat Copywriting untuk Pemula. Bagian Pertama!

Belajar Cara Membuat Copywriting untuk Pemula. Bagian Pertama!

Apakah kamu sedang merintis sebuah bisnis dan ingin mempromosikan produk ke khalayak dan ingin mendapat respon yang baik? Atau apakah kamu adalah penulis yang ingin mendalami copywriting dan digital marketing?

Maka artikel kali ini, yakni terkait dengan belajar cara membuat copywriting sebagai salah satu strategi memasarkan produk dengan biaya murah cocok untuk kamu baca. Sebelum membaca materi pada artikel ini, kamu bisa terlebih dahulu mengetahui tentang jenis copywriting yang bisa kamu baca di sini.

Belajar Cara Membuat Copywriting untuk Pemula. Bagian Pertama!

Mungkin saja sebagian dari pemilik usaha kecil tidak menyiapkan budget besar untuk mempekerjakan copywriter profesional. Nah, apabila kamu adalah salah satu dari mereka maka tidak ada salahnya jika kamu belajar tentang cara membuat copywriting.

Sebagai seorang pemula dalam menulis copywriting, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Khususnya terkait dengan langkah awal yang perlu kamu siapkan. Sehingga copy yang kamu buat dapat membawa dampak yang baik bagi produk yang akan kamu iklankan.

Sebuah Pengingat

Ketika duduk di bangku kelas 6 SD dulu kita telah belajar tentang copywriting. Copywriting sendiri dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah menulis naskah iklan.

Jika tidak salah kita diberi tugas menggambar gambar suatu produk dan menuliskan naskah iklan disamping gambar produk, yang terdiri dari dua kalimat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kita telah belajar terkait dengan naskah iklan walaupun tidak secara mendalam.

Tips membuat copywriting untuk pemula

Berikut adalah tips yang bisa kamu pakai dalam belajar cara membuat copywriting.

1. Belajar tata bahasa yang baik dan benar

Walaupun menulis naskah iklan tidak seformal dalam menulis skripsi, tapi tata bahasa yang baik dan benar tetap diperlukan. Kredibilitas dan profesionalitas dalam menyusun kata-kata menjadi penting.

Kredibilitas dan profesionalitas salah satunya dapat dilihat dari pemilihan dan penyusunan kalimat pada copy yang kau tulis. Apabila tata bahasa yang kamu gunakan salah dan buruk akan membuat calon pelanggan berpaling.

2. Perbanyak kegiatan membaca dan mengamati

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tata bahasa yang baik dan benar diperlukan dalam membuat copy. Salah satu cara untuk melatihmu agar terbiasa dengan tata bahasa yang benar adalah dengan membaca. Kegiatan menulis tidak pernah dipisahkan dari kegiatan membaca.

Poin kedua adalah mengamati, mengamati apa? Mengamati naskah iklan yang ada di sekitar kita. Baik yang ada di televisi, radio, maupun website. Dari kegiatan mengamati tersebut dapat kamu jadikan referensi dalam menyusun sebuah copy.

3. Kenali perusahaan dan produk

Dalam membuat copy, hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah mengenali perusahaan dan produknya. Bila kamu adalah pemilik usaha tentu saja kamu paham begitu mendalam tentang perusahaan dan produkmu.

Melansir Intuit Mailchimp, kamu perlu berfokus pada manfaat yang bisa diterima audiens dari produk dari pada fitur di sebuah produk. Dengan artian, bahwa kamu perlu menunjukan manfaat apa yang bisa kamu berikan pada audiens melalui sebuah iklan.

Simpelnya, fokus pada bagaimana pengalaman pelanggan dalam menggunakan produkmu, bukan berfokus bagaimana pengalamanmu dalam membuat produkmu tersebut.

4. Gunakan kalimat yang membujuk bukan memaksakan

Jangan menulis sebuah copy dengan kalimat yang memaksa. Karena copywriting itu adalah tentang bagaimana membuat sebuah copy yang membujuk bukan memaksa apalagi mengancam.

Kamu harus bisa membuatnya dengan menggunakan kata-kata persuasif yang lembut, jangan terlalu kuat. Kamu perlu membuat kata-kata yang positif, yang bisa mempengaruhi audiens di mana membuat mereka merasa bahwa produk yang kamu tawarkan itu adalah produk terbaik.

5. Menulislah dengan pikiran yang bebas

Tips selanjutnya dalam cara membuat copywriting untuk pemula adalah menulis dengan bebas. Bebas, tanpa terpengaruh oleh iklan lainnya. Sehingga copy yang kamu buat berbeda dengan yang lainnya. Jadi menulislah sesuai dengan apa yang kamu inginkan, unik, dan tetap profesional.

Penutup: Selanjutnya perlu melakukan apa?

Itulah lima tips yang bisa kamu gunakan jika ingin membuat copy khususnya untuk pemula. Perlu kamu ketahui bahwa tips di atas masih berupa tips umum dan mendasar, masih banyak hal yang perlu kamu pelajari.

Namun kamu tidak perlu takut untuk bereksperimen membuat membuat copy yang efektif untuk produk yang kamu miliki. Atau untuk kamu seorang penulis yang berminat berkarir menjadi copywriter bisa mengambil proyek-proyek kecil terlebih dahulu.

Dengan seringnya kamu berlatih dan bereksperimen, kemampuan dan kreativitasmu akan semakin terasah dan meningkat. Sebab kreativitas menjadi salah satu hal penting dalam copywriting.

Tinggalkan Komentar