Cara Memperkaya Kosakata dengan Tetap Memberi Makna dalam Menulis Karya Fiksi

Cara Memperkaya Kosakata dengan Tetap Memberi Makna dalam Menulis Karya Fiksi

Memperkaya kosakata dalam kegiatan menulis penting untuk dilakukan. Kegiatan menulis tidak jauh berbeda dengan seseorang yang sedang bercerita atau berbicara secara langsung. Menulis sama halnya dengan berkomunikasi.

Bayangkan kamu mendengar seseorang yang sedang berpidato atau kamu mengobrol dengan orang lain. Namun, cara berbicaranya tersenggal-senggal tidak lancar. Atau pemilihan katanya yang kurang pas, sangat tidak enak didengar bukan?

Cara Memperkaya Kosakata dengan Tetap Memberi Makna dalam Menulis Karya Fiksi

Begitu pula dengan kegiatan menulis, baik menulis fiksi maupun non fiksi. Kosakata yang tepat sangat penting. Agar kosakata tersebut tidak hanya sebagai pemenuhan kuantitas kata, tapi juga bisa memberi makna.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk bisa memperkaya perbendaharaan kata? Kami akan menguraikan beberapa caranya, sehingga kosakata yang kamu miliki untuk menulis karya khususnya karya fiksi semakin kaya dan juga tetap memiliki makna.

1. Perbanyak Membaca

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Membaca akan memperluas khazanah pengetahuanmu. Selain itu perbendaharaan kata yang kamu miliki pun semakin meningkat.

2. Mencatat dan Mencari Makna dari Sebuah Kosakata

Dalam prosesnya membaca di point pertama, apabila kamu menemukan kata-kata baru dan asing kamu bisa mencatatnya. Setelah mencatatnya kamu bisa mencari makna dari kata tersebut. Untuk menemukan apa makna kata tersebut di zaman serba digital ini cukup mudah, yakni dengan cara browsing di internet. Mudah bukan?

3. Manfaatkan Tesaurus

Kamu bisa memanfaatkan tesaurus untuk mencari kata-kata yang tidak kamu pahami dari buku yang kamu baca. Tesaurus sendiri adalah buku referensi berupa daftar kata dengan sinonim dan antonimnya.

Jadi kamu tidak hanya akan mendapatkan kosakata baru tapi juga memahami maknanya. Sehingga karya yang kamu tulis tidak hanya kaya akan kosa-kata, tapi kamu sendiri sebagai penulis paham akan makna dari kata yang kamu tulis tersebut.

Dan lagi-lagi, karena kemajuan teknologi kamu dapat mengakses tesaurus ini secara online dan bisa menggunakannya dengan mudah. Jika kamu ingin menggunakan tesaurus Bahasa Indonesia kamu dapat mengunjunginya di sini.

4. Mendengarkan Lagu

Selain membaca, aktivitas lain yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya kosa kata adalah dengan mendengarkan lagu. Lagu biasanya merupakan sebuah puisi, di mana kata-kata yang disajikan indah dan tersusun dengan baik layaknya puisi.

Dari kata-kata indah yang mendayu beriringan dengan nada selain akan menambah kosakatamu juga akan membangkitkan semangatmu dalam menulis.

5. Ngobrol dengan Orang Lain

Mengobrol dengan orang lain selain membantumu mendapatkan inspirasi, juga bisa menambah kosa-katamu. Semisal nih, kamu ngobrol dengan nenekmu. Nenekmu menceritakan bagaimana sih masa mudanya dahulu.

Di mana tentu saja akan ada istilah-istilah baru yang di masa sekarang sudah tidak digunakan. Istilah-istilah baru tersebut dapat kamu simpan dalam buku catatanmu, dan jika kamu ingin menggunakannya di karya fiksi yang kamu tulis dapat dengan mudah kamu temukan.

6. Menulis dan Latihlah Diri untuk Memperkaya Kosakata

Dari lima tips di atas, hal terpenting yang perlu kamu lakukan untuk memperkaya perbendaharaan kata adalah dengan menulis. Berlatihlah menulis, dan gunakanlah kosakata yang tepat untuk setiap kalimat yang kamu rangkai. Tepat yang artinya kamu dan target pembacamu dapat memahami dengan mudah karya fiksi yang kamu tulis.

Nah, itu dia enam cara memperkaya kosakata sehingga karya fiksi yang kamu buat tidak hanya secara kuantitas jumlah katanya banyak, tapi setiap pemilihan katanya dapat memberi makna. Selain bisa memberi makna, penting untuk kamu bisa memilih kata yang mudah dicerna oleh pembacamu ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *