5 Tips Cepat Membuat Puisi yang Indah serta Menarik

5 Tips Mudah Penggunaan Kosakata dalam Menulis Puisi

5 Tips cepat membuat puisi yang indah dan menarik . Puisi merupakan sebuah karya sastra hasil dari ungkapan seseorang dengan bahasa yang mengikat. Kamu merasa kesulitan dalam membuat puisi?, alangkah baiknya kamu mengetahui tips dan trik dalam membuat puisi. Lalu, bagaimana cara membuat puisi yang indah serta menarik?

5 Tips Cepat Membuat Puisi yang Indah serta Menarik

1. Menentukan Tema dan Judul

Menguasai tema dan judul merupakan poin penting apabila kamu masuk dalam dunia sastra. Baik itu cerpen, puisi, dan opini harus mempunyai tema dan judul yang mengikat, gunakan tema dan judul supaya kamu mudah dalam merangkai kata maupun kalimat tanpa keluar dari pembahasan itu sendiri.

Dalam puisi tema dan judul memang saling berkaitan. Janganlah membuat judul yang mempunyai konsistensi makna yang sama dengan tema yang ditentukan, begitu juga dengan pembuatan tema. Apabila kamu membuat tema, buatlah tema yang memiliki makna luas. Supaya hal itu dapat mempermudah kamu dalam menentukan judul yang akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan puisi. Saya sarankan supaya kamu membuat tema dan judul diawal, karena akan berdampak pada kesuksesan selesainya pembuatan puisi tersebut.

2. Merangkai Kata

Kamu telah menemukan tema dan judul dalam puisi yang kamu buat?. Lalu, gunakanlah ejaan yang sesuai kaidah kebahasaan serta memperindah dengan menambahkan diksi yang menarik, merupakan tips yang mudah supaya puisi yang kamu buat dapat selesai dengan cepat dan memiliki sisi keindahan yang tinggi.

Dalam merangkai kata-kata janganlah kamu terpaku pada keindahan diksi. Faktanya, penulis dapat memakan waktu yang lama dalam membuat puisi akibat memikirkan penggunaan diksi. Gunakan diksi yang tepat supaya puisi yang kamu buat terkesan fleksibel tanpa memaksakan penggunaan diksi yang dapat merubah makna maupun arti dari puisi itu sendiri.

3. Perhatikan Diksi dan Rima

Merupakan syarat penting supaya puisi yang kamu buat dapat memanjakan pembaca. Perhatikan diksi dan rima dalam membuat puisi, serta jangan terpaku pada keindahan puisi tanpa memikirkan makna dalam setiap penggunaan diksi yang kamu rangkai. Supaya kamu terhindar dari kerancuan, saya sarankan untuk menggunakan diksi yang bersifat sederhana.

Puisi yang memiliki diksi dengan tingkatan yang tinggi memang terlihat indah. Namun apabila kamu terlalu fokus dengan diksi dan rima tanpa memperhatikan ejaan yang sesuai, maka puisi yang kamu buat tidak bisa lulus dalam setiap pertimbangan pembaca.

4. Koreksi Ulang

Apabila kamu telah selesai membuat puisi, jangan melupakan tindakan yang satu ini. Ya, mengoreksi ulang puisi yang kamu buat. Langkah yang benar dan tepat supaya keindahan puisimu dapat terjaga serta tidak terdapat kesalahan penulisan. Saya sarankan supaya kamu membaca puisi tersebut sebanyak 2 atau 3 kali, dan jangan lupa untuk memperhatikan setiap makna dalam penggunaan diksi. Puisi yang kamu buat aman dari kesalahan apabila kamu membaca dengan cermat tanpa tergesa-gesa.

5. Revisi atau Perbaikan

Faktanya, tanpa adanya revisi maka puisi yang kamu buat terdapat banyak kesalahan dalam penggunakaan kata maupun diksi itu sendiri. Saya sarankan supaya kamu teliti dalam melakukan perbaikan karena hal tersebut sangat mempengaruhi tingkat kematangan puisi yang kamu buat.

Demikianlah tips dan trik dalam pembuatan puisi. Bagikan ilmu dan informasi ke sesama teman menulis dalam lingkup dunia literasi. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar