Mengenal Struktur Tulisan Feature, Ingat Ya Berbeda dengan Struktur Tulisan Berita!

Mengenal Struktur Tulisan Feature, Ingat Ya Berbeda dengan Struktur Tulisan Berita!

Struktur tulisan feature, kami akan membahasnya pada artikel ini. Materi yang kami uraikan pada artikel kali ini cocok untuk kamu yang sedang mengikuti lomba menulis feature atau siswa/mahasiswa yang sedang mempelajari materi mengenai tulisan feature. Baca juga tentang jenis-jenis feature di sini.

Mengenal Struktur Tulisan Feature, Ingat Ya Berbeda dengan Struktur Tulisan Berita!

Seperti apakah struktur tulisan feature? Silahkan menyimak uraian berikut ini, dan semoga dapat memberi manfaat. Sebelum membahas struktur tulisan feature, kamu sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan tulisan feature? Dan perbedaannya dengan karya jurnalistik lainnya?

Singkatnya tulisan feature adalah tulisan ringan mengenai suatu objek, penulisannya secara subjektif, menggugah rasa, tidak lempeng atau membosankan, menghibur, dan tidak terikat waktu yakni dapat dibaca kapan saja (long term). Untuk penjelasan lengkapnya kamu bisa membacanya di sini.

Melansir buku Teknik Penulisan Feature (2020) oleh Arifin S. Harahap, struktur tulisan feature terdiri empat unsur. Keempat unsur tersebut adalah judul, lead/teras, body, dan penutup.

Judul feature

Tulisan atau artikel feature memiliki ciri khas judul yang menarik dan memikat minat calon pembaca. Dalam judul ini kamu boleh menampilkan subjektivitasmu sebagai penulis. Dengan demikian judul bersifat sangat orisinal dalam gaya dan penyusunan kata-katanya.

Melansir Matrix Education, judul yang menarik bisa kamu ciptakan diantaranya dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

  1. Menggunakan bahasa yang emosional.
  2. Tetap pendek dan tajam.
  3. Menggunakan kata sifat atau keterangan.
  4. Dapat memberi tahu pembaca tulisanmu tersebut tentang apa.
  5. Memberikan sebuah pertanyaan.
  6. Memberikan sebuah kalimat imperatif

Lead/teras/pembuka

Selain judul, lead juga merupakan bagian penting yang akan membuat pembaca lanjut atau tidak lanjut membaca tulisan feature. Lead haruslah menarik dan juga berkualitas.

Lead dapat tersusun dari satu ataupun beberapa paragraf. Melansir Matrix Education, lead tidak boleh lebih dari 15% dari keseluruhan teks tulisan feature.

Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan ketika menyusun bagian lead artikel feature.

  1. Buatlah lead yang menarik dan provokatif.
  2. Perkenalkan topik dan tujuan secara singkat.
  3. Bangun hubungan dengan pembaca.
  4. Ciptakan intrik dan minat dengan menunjukkan point tulisanmu.
  5. Berikan informasi mengenai latar belakang tulisanmu.

Tubuh/body

Struktur tulisan feature berikutnya ialah body. Body merupakan bagian utama feature, di mana di sinilah semua informasi menarik yang akan kamu tulis akan diletakan.

Antara judul, lead, body, hingga penutup haruslah memiliki keterkaitan yang kuat dan juga sistematis. Sehingga pembaca merasa nyaman dan enggan untuk berhenti membaca.

Penutup

Bagian struktur tulisan feature yang terakhir adalah penutup. Penutup merupakan bagian yang tidak kalah penting dari ketiga unsur sebelumnya. Pada penutuplah kamu bisa atau tidak menimbulkan kesan mendalam dan kuat pada benak pembaca.

Apabila kamu berhasil menimbulkan kesan mendalam maka akan menumbuhkan hasrat pembaca untuk terus memakai gagasan-gagasan yang diterimanya dari tulisanmu. Pada bagian penutup kamu bisa menuliskannya dalam bentuk rangkuman ide atau pendirianmu yang pada akhirnya diharapkan akan menginspirasi pembacamu.

Itulah empat unsur pembentuk tulisan feature. Perlu kamu ketahui bahwa penempatan keempat unsur pembentuk struktur tulisan feature tersebut bukan membentuk sebuah piramida terbalik layaknya tulisan berita (news) melainkan berbentuk sebuah gentong.

Artinya setiap bagian dari unsur pembentuk struktur tulisan feature itu menampilkan segala hal penting dengan kadar yang sama, tidak seperti tulisan berita.

Mengapa demikian? Karena tulisan berita memiliki isi informasi yang digambarkan dalam bentuk piramida terbalik di mana semakin ke bawah informasi yang dimuat semakin kurang penting. Namun tulisan feature dari atas sampai bawah memiliki tingkatan atau kasta informasi yang sama-sama penting.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *