Software Layout Buku Terbaik Tahun Ini yang Wajib Kamu Tahu

Software Layout Buku Terbaik Tahun Ini yang Wajib Kamu Tahu

Software layout buku terbaik tahun ini. Bidang yang sedang trend untuk kamu kuasai pada masa pandemi ini adalah dunia kepenulisan, selain dapat kamu pelajari untuk mengisi waktu luang . Ternyata manfaat kegiatan menulis ini juga dapat menjadi peluang supaya kamu mendapat penghasilan. Salah satunya yaitu sebagai seorang layouter buku, namun kamu juga perlu memiliki aplikasi yang mendukung kegiatan kamu ini.

Software yang kamu bisa gunakan sebagai tempat kamu berkarya dan menghasilkan sebuah hasil yang dapat kamu perjual belikan.  Berbagai jenis template menulis mungkin pernah kamu ketahui berdasarkan fungsi dan kegunaannya.

Software Layout Buku Terbaik Tahun Ini yang Wajib Kamu Tahu

1. Adobe Indesign

Perlu kamu ketahui, adobe indesign merupakan salah satu aplikasi desktop publishing yang popular dan banyak beredar dalam dunia kepenulisan, khususnya seorang desainer grafis terutama yang berhubungan dengan tata letak (layout) buku. Adobe indesign mampu memberikan penawaran efek-efek yang berkualitas dan hasilnya pun terkesan menarik sesuai dengan kemampuanmu.

Kelebihan software yang satu ini adalah dapat membantu kamu dalam memberikan pewarnaan yang akan  kamu terapkan pada proses pencetakan. Selain itu, sofware ini juga mempunyai fasilitas yang bernama package, merupakan fitur yang berfungsi sebagai pengatur penyimpanan file kedalam flashdisk atau softcopy (CD) yang di dalamnya sudah tersimpan dokumen, gambar, dan ukuran dengan otomatis.

2. BookSmart

Software ke-2 yang saya rekomendasikan buat kamu adalah Booksmart. Merupakan aplikai buatan Blurb yang dapat kamu gunakan secara gratis dan sangat cocok bagi seorang pemula. Namun, untuk mendapatkannya kamu harus membuat akun Blurb dengan memasukkan email dan password terlebih dahulu.

Booksmart memiliki halaman layout yang sudah tersedia, tetapi jika kamu tidak menyukainya, maka kamu dapat memodifikasi halaman layout sesuai kebutuhan yang kamu inginkan. Kekurangan software yang satu ini adalah memungkinkan kamu hanya dapat menggunakannya pada komputer berbasis Windows dan MAC OS dengan spesifikasi minimal dual-core dan RAM 1 GB.

3. QuarkXPress

Software yang ke-3 adalah QuarkXPress, walaupun QuarkXPress sekarang hanya mengambil bagian yang lebih kecil dalam pasar software penerbitan, namun hal itu tetap menjadikan software ini sebagai pilihan dalam mendesian baik layout interior dan sampul. Faktanya, software ini telah mengalami pembaharuan pada tahun 2015, serta dapat menyediakan lebih banyak dukungan dalam mendesain eBook interaktif (ePub).

4. BookletCreator

BookletCreator juga merupakan salah satu dari  software yang paling popular untuk membuat layout buku karena keunggulannya. Software ini dapat membantu kamu dalam membuat layout buku dari berbagai dokumen, mempermudah pengguna dalam menata jenis halaman dan mencetaknya sekaligus. Software ini dapat menyelesaikan desain layout dengan mudah dan cepat karena mempunyai banyak fitur yang mendukung.

5. PDF Booklet

Software layout buku gratis ini tersedia untuk Windows dan Linux yang dapat  kamu gunakan untuk membuat layout buku dari beberapa PDF. PDF Booklet memberikan keuntungan, yaitu dapat membuat layout buku, menambahkan halaman kosong, menambahkan skala margin, dan mencetak langsung dokumen yang telah selesai dibuat. Selain itu, software ini juga dapat melakukan transformasi dari satu halaman ke halaman lain dengan terkoneksi aplikasi Linux PDF Shuffler.

Demikianlah artikel yang saya dan semoga dapat memberikan ilmu yang berguna. Bagikan artikel kepada sesama teman menulis agar  dapat membantu mereka yang kesusahan akan memilih software yang mendukung profesinya sebagai seorang penulis. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar