Mengenal Tugas Dasar Seorang Editor Naskah Fiksi

Mengenal Tugas Dasar Seorang Editor Naskah Fiksi

Mari kenalilah tugas seorang editor naskah fiksi yang perlu kamu ketahui. Bilamana kamu menulis naskah, maka naskah yang kamu miliki tersebut akan langsung masuk pada uji naskah yang biasanya dipegang oleh seorang editor. Editor sangat berperan besar pada buku yang sedang kamu buat, karena kesalahan yang ada pada buku kamu akan mengalami sebuah perbaikan dan dapat selesai apabila lulus dari uji naskah tersebut. Lantas, apa saja tugas dasar seorang editor naskah?

Mengenal Tugas Dasar Seorang Editor Naskah Fiksi

Dan berikut ini merupakan ulasannya.

Mengawasi alur cerita

Dalam sebuah penulisan alur cerita pada sebuah buku berupa fiksi haruslah runtut dan tidak keluar dari penyampaian semula. Oleh karena itu, salah satu tugas dari seorang editor adalah mengawasi alur cerita itu sendiri. Dengana danya seorang editor, hal tersebut dapat membantu seorang penulis untuk membuat karya tulis yang lebih kompleks.

Memeriksa time line

Terkadang penulisan time line maupun keterangan waktu pada salah satu cerita maupun buku berupa fiksi sering mengalami kekeliruan. Hal tersebut menjadikan buku menjadi kurang menarik dan terasa janggal akan penempatan daripada time line itu sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya seseorang yang bisa mengawasi semacam hal ini, dan orang tersebut bernama editor naskah.

Mengoreksi karakter tokoh

Dalam memberikan gambaran mengenai tokoh pada sebuah cerita terkadang mengalami kesalahan. Kekeliruan tersebut dapat mengakibatkan perbedaan nama maupun watak dari seorang tokoh yang berperan pada cerita tersebut. Seorang editor naskah harus mempu menganalisa tokoh yang berperan pada sebuah cerita.

Penggunaan diksi dan pemilihan kata

Dalam sebuah cerita fiksi, pemilihan kata atau diksi sangat perlu diperhatikan. Apabila terjadi kesalahan, hal tersebut membuat cerita semakin mengalami keaneragaman kata yang tidak konsisten. Oleh karena itu cobalah untuk menyerahkannya kepada seorang editor.

Demikianlah artikel yang saya buat mengenai beberpa tugas dari seorang editor naskah. Bilamana artikel ini bermanfaat, silakan supaya membagikan informasi yang berguna kepada orang lain.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *