Kekurangan dan Kelebihan Sistem Zonasi PPDB yang Perlu Kamu Tahu

Kekurangan dan Kelebihan Sistem Zonasi PPDB yang Perlu Kamu Tahu

Mengenal kelebihan dan kekurangan sistem zonasi PPDB sebelum kamu mendaftar sekolah favorit. Sebelum kamu mendaftar sekolah ke sekolah favorit yang kamu sukai. Melewati beberapa prosedur yang telah diterapkan, sistem zonasi merupakan perantara yang dipergunakan dalam memilah maupun mengelola sistem pendaftaran sekolah. Lantas, apa kelebihan dan kekurangan sistem zonasi PPDB?

Kelemahan dan Kelebihan Sistem Zonasi PPDB yang Perlu Kamu Tahu

Dan berikut ini merupakan beberapa ulasannya.

Kelebihan Sistem Zonasi

Meruntuhkan Anggapan Sekolah Favorit

Sekolah  favorit merupakan anggapan bahwa sekolah yang lain memiliki intensitas pendidikan maupun pengajaran yang rendah. Hal tersebut dapat memicu semangat maupun timbulnya permusuhan antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. Namun, dengan adanya sistem zonasi maka menyebabkan sekolah yang lain memiliki tingkatan yang sama, sehingga memeratakan derajat sekolah.

Mendekatkan Lingkungan Sekolah Dengan Lingkungan Keluarga

Dengan adanya sistem zonasi, maka lingkungan siswa antara sekolah dan keluarga bisa menjadi lebih dekat. Dengan ini, para orang tua siswa bisa lebih mudah untuk mengawasi kegiatan dan perkembangan para siswa.

Memeratakan Akses Pendidikan

Tidak meratanya akses pendidikan diakibatkan karena lebih banyak murid-murid yang mendaftar ke sekolah tertentu. Dengan adanya sistem zonasi, akses pendidikan pada setiap sekolah bisa dibuat lebih merata, baik sekolah yang berada di kota ataupun di daerah.

Kekurangan Sistem Zonasi

Pilihan Sekolah Siswa Lebih Terbatas

Sebelum ada sistem zonasi, siswa bisa lebih bebas menentukan pilihan sekolah yang yang ingin didaftarkannya. Namun setelah diberlakukan sistem zonasi, pilihan sekolah hanya terbatas pada sekolah-sekolah yang ada dalam jarak tertentu.

Membuat Siswa Tidak Semangat Belajar

Dengan sistem zonasi, jarak sekolah dan rumah menjadi salah satu faktor yang menentukan seorang siswa diterima atau tidak. Ini bisa mengurangi semangat siswa untuk belajar agar bisa diterima di sekolah yang ia inginkan, karena kecerdasannya tidak terlalu menjadi faktor penentu.

Ruang Lingkup Yang Terbatas

Jika siswa bersekolah jauh dari tempat tinggalnya, ia bisa mendapatkan lingkungan baru dan teman-teman baru. Sementara dengan sistem zonasi, siswa kemungkinan hanya akan memiliki ruang lingkup dan pertemanan terbatas dan hanya itu-itu saja.

Demikianlah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan sistem zonasi. Bilamana artikel ini bermanfaat, sialkan supaya membagikannya kepada orang lain.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar