Cara Cepat Membuat Pembukaan Cerpen yang Menarik

Cara Membuat Pembukaan Cerpen yang Menarik

Cara cepat membuat pembukaan cerpen. Dalam sebuah karya tulis berupa cerita pendek, tak lupa supaya menambahkan pembukaan atau prolog dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai cerita itu sendiri. Namun, masih banyak kalangan penulis yang belum mengerti akan bagaimana cara membuat prolog dari sebuah cerpen. Maka dari itu saya akan memberitahu kamu tentang hal ini, lantas bagaimana cara membuat pembukaan cerpen?.

Cara Cepat Membuat Pembukaan Cerpen yang Menarik

1. Konflik Cerita

Perlu kamu ketahui, bahwasannya konflik dalam cerita mampu memberikan kualitas dari sebuah prolog naskah cerpen. Mengapa demikian?, karena dengan sebuah konflik tersebut dapat membuat prolog yang memberikan detail mengenai suatu permasalahan yang menjadi bahan dalam pembuatan cerpen. Dengan hal itu, kamu dapat mengetahui isi dari sebuah cerita pendek tanpa harus membacanya walaupun hanya sekilas.

Tak hanya itu, dengan kamu membuat permasalahan dalam prolog yang kamu miliki maka kamu juga memberikan kualitas alur cerita yang kamu buat. Namun, saya sarankan supaya kamu dapat mengangkat konflik yang tidak terlalu panas, artinya tambahkanlah konflik yang sederhana tapi terkesan menarik. Maka, rasa antusias pembaca akan naik dengan adanya konflik dari sebuah prolog tersebut.

2. Mendiskripsikan Tokoh Utama

Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan deskripsi dari lakon atau tokoh utama dalam sebuah cerita pendek. Ternyata, sosok tokoh utama sangat mempengaruhi sebuah prolog itu sendiri, seorang lakon ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam alur sebuah cerpen. Maka sangat pantas apabila kamu menambahkannya dalam sebuah pembukaan naskah cerpen, terdapat sisi unggul yang berdampak pada minat pembaca terhadap cerita pendek yang kamu buat.

3. Dialog Cerita

Dialog yang mumpuni secara spontan membuat pembaca tertarik untuk membacanya. Oleh sebab itu, dialog dari ceritamu bisa menambah poin akan kualitas sebuah prolog yang kamu buat. Tambahkan dialog sesuai kebutuhanmu dan janganlah menambahkan dialog yang terlalu banyak karena keseimbangan perlu kamu jaga. Tak salah untuk mencobanya, jangan menyerah bila sekali gagal. Terus berkarya sampai kamu sukses.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat prolog dari cerita pendek. Bagikanlah informasi kepada sanak saudara, teman, dan sahabat kamu dalam dunia kepenulisan, semoga selalu bermanfaat.

Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *