Rekomendasi Ide Konflik Untuk Novel Keluarga

Rekomendasi Ide Konflik Untuk Novel Keluarga

Ada banyak hal yang bisa terjadi dalam keluarga yang bisa menjadi ide untuk novel. Jika kamu tertarik untuk memasukkan konfik keluarga dalam novelmu, berikut ini ada beberapa rekomendasi ide konflik yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Ide Konflik Untuk Novel Keluarga

Kamu mungkin bingung menentukan konflik apa saja yang bisa dibahas dalam sebuah cerita atau novel tentang keluarga. Kamu bisa coba gunakan ide-ide yang kami bahas berikut ini.

1. Keuangan

Masalah yang terjadi dalam sebuah keluarga tidak selalu berputar hubungan asmara yang memiliki kaitan dengan orang ketiga. Masalah penting yang sering terjadi adalah masalah keuangan. Kamu bisa menuliskan keluarga yang tengah mengalami masalah keuangan dan bagaimana mereka berjuang untuk mengatasinya.

2. Penyesuaian Pasangan Pengantin Baru

Kehidupan pernikahan sejatinya tidaklah selalu indah, tetapi juga merupakan perjalanan yang oenuh perjuangan. Kamu bisa menuliskan kisah pengantin baru yang belajar beradaptasi dengan lehidupan baru mereka. Jangan lupa tuliskan tantangan apa saja yang mereka temui dan bagaimana keduanya menghadapinya.

3. Persaingan Saudara

Hubungan saudara juga merupakan salah satu contoh konflik yang bisa kamu angkat untuk kisah keluarga. Saudara seharusnya merupakan sosok yang saling menyanyangi dan membantu satu sama lain. Namun, hubungan tersebut bisa menjadi rumit akibat adanya berbagai penyebab.

Contohnya, kamu bisa menuliskan kisah saudara yang bersaing untuk memperebutkan perhatian orangtua yang tanpa sadar memperlakukan mereka dengan tidak adil. Perasaan tersebut bisa jadi memicu ketegangan yang mengakibatkan hubungan antara keduanya memburuk.

4. Kemunculan Anggota Baru

Dibalik perasaan antusias dengan kemunculan anggota baru dalam keluarga, ada juga konsekuensi yang harus dihadapi. Hal ini bisa kamu angkat sebagai salah satu konflik dalam novel.

Misalnya tantangan yang dihadapi pasangan yang baru saja memiliki anak bayi. Perasaan kakak ketika adik bayinya lahir dan menyita perhatian orang disekelilingnya.

5. Orang Luar yang Terlalu Ikut Campur

Selain faktor yang berasal dari dalam, masalah keluarga pun dapat hadir karena adanya gangguan dari luar. Contoh yang paling umum terjadi adalah konflik antara mertua dan menantu, komentar tetangga maupun perlakuan tidak menyenangkan dari saudara.

Meskipun terlihat sepele, pada kenyataannya pendapat dari orang luar sering bisa memberi pengaruh terhadap kondisi sebuah keluarga. Tidak jarang akibat yang ditimbulkan pun kurang baik seperti pertengkaran

6. Perbedaan Pendapat antara Anak dan Orang Tua

Anak dan orang tua hidup di zaman berbeda, tentunya banyak hal yang mempengaruhi pola pikir keduanya. Tidak jarang perbedaan cara pandang terhadap hidup ini berbeda dan menimbulkan pertengkaran.

Kamu bisa menghadirkan konflik yang sudah umum terjadi seperti orang tua yang menentang keinginan anak misalnya tidak membei izin untuk menggapai cita-cita kuliah ke luar negeri sampai yang sudah tahap serius yaitu tidak menyetujui calon pasangan hidup dari sang anak.

Hal penting yang perlu kamu ingat adalah jangan sampai lupa menuliskan alasan kuat penolakan orang tua terhadap keinginan sang anak. Hal inilah yang akan memicu pembaca untuk merasa dekat dan terhubung dengan para tokoh dalam cerita novel buatanmu. Ingatlah juga untuk menuliskan penyelesaian cerita yang masuk akal sehingga bisa menyentuh hati pembaca novelmu.

Itu dia beberapa rekomendasi ide konflik untuk novel keluarga yang bisa kamu gunakan dalam novel karyamu. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan inspirasi sehingga dapat menuliskan novel yang keren dan selalu selalu pembaca ingat .

Tinggalkan Komentar