Pilih Kerja atau Kuliah Setelah Lulus SMA? Temukan Jawabannya Disini

Kerja atau Kuliah 

Pertanyaan klasik, rencana setelah lulus SMA memang selalu menjadi dilema untuk anak kelas 12 SMA. Ada 2 pilihan yang harus mereka pilih, langsung kuliah atau kerja dulu?

Sebenarnya pertanyaan yang sangat mudah, apabila kamu sudah memutuskan untuk masuk SMA, maka hampir 70% kamu ingin kuliah. Kenapa bisa begitu? Memang SMA diperuntukan untuk mereka yang mau melanjutkan kuliah.

Pilih Kerja atau Kuliah Setelah Lulus SMA?

Jika memang tujuan awalmu masuk SMA ingin langsung kerja, maka kamu salah tempat. Seharusnya SMK menjadi jalan keluar terbaik untukmu.

Tapi, hal itu tak berlaku. Mengingat kamu telah kelas 12. Maka kamu harus memilih betul mana yang menjadi pilihan terbaikmu. Langsung kuliah atau kerja dulu.

Banyak siswa kelas 12 SMA takut dengan biaya kuliah yang “katanya” mahal. Pada akhirnya mereka takut membebani orang tua dan memutuskan untuk kerja. Ironisnya, ketika sudah bekerja mereka terlena dengan uang hasil keringat sendiri. Sehingga melupakan tujuan awal, kerja dulu baru kuliah.

Itu yang salah, seharusnya kamu baca betul, seberapa mahal sih biaya kuliah? Mahal kan relatif ya? Pemerintah juga lagi gencar-gencarnya memberikan bantuan dana untuk siswa kurang mampu yang ingin kuliah. Sebut saja bidikmisi. Bahkan, bidikmisi menjadi salah satu jalan primadona bagi siswa kurang mampu. Selain tak membayar uang kuliah, setiap bulan juga mendapatkan uang saku.

Lalu, kerja dulu apa langsung kuliah nih?

Tergantung kemauan dan tekadmu! Itu adalah jawaban yang pasti untukmu. Jika memang kondisi ekonomimu sangat buruk, kamu bisa untuk kerja dulu. Asalkan ingat satu hal, kamu kerja demi mencari dana untuk kuliah, bukan untuk memanjakan dirimu.

Dan jika kamu bersikeras untuk kuliah, ya kamu kuliah langsung setelah lulus SMA.

Banyak siswa kelas 12 SMA yang berkeinginan langsung kuliah dengan satu catatan khusus “agar tak lupa pelajaran”.

Sepertinya memang benar, padahal keinginan itu salah besar. Jika kamu sudah kuliah, apa yang kamu pelajari disekolah tak akan terlalu berguna saat kuliah. Banyak yang berbeda dari apa yang kamu pelajari. Yang ada semakin bayak pelajaran yang bahkan belum pernah kamu pelajari saat SMA.

Intinya, jika kamu belum memiliki dana untuk kuliah, cobalah berusaha mencari beasiswa terlebih dahulu. Jika memang tak dapat, maka pilihannya adalah kamu kerja dulu lalu kuliah di tahun berikutnya.

Jika kamu ingin kerja langsung, tanpa memikirkan ingin kuliah, maka kamu bisa mencari pekerjaan ikatan dinas. Setiap tahun pasti ada lowongan pekerjaan CPNS untuk lulusan SMA. Tapi ingat! Sainganmu juga banyak.

Dan terahir, jika kamu ingin langsung kuliah maka kuliahlah! Itu adalah pilihan yang bagus. Bukan karena agar tak lupa pelajaran, tapi semakin cepat kamu lulus semakin cepat pula kamu mendapatakan pekerjan. Jika dibandingkan dengan lulusan SMA, jelas lulusan kuliah lebih banyak dibutuhkan saat ini.

Tinggalkan Komentar