Cara Menentukan Harga Buku Self Publishing Yang Perlu Diketahui

Cara Menentukan Harga Buku Self Publishing Yang Perlu Diketahui

Inilah beberapa cara menentukan harga buku yang terbit secara self publishing. Menjual produk yang kita buat sendiri tentu membutuhkan beberapa tips yang dimana tips tersebut akan mempermudah kita dalam menyebarluaskan akan karya yang kita buat. Salah satunya yaitu sebuah buku yang terbit secara self publishing. Butuh cara yang paling relevan untuk mendapatkan calon pembeli. Dalam menjualnya pun kamu harus memperhatikan akan usaha dan modal yang kamu gunakan.

Bukan hanya itu saja, beberapa diantaranya lebih mengarah kepada cara umum dalam memperjualbelikan suatu barang. Maka dari itu, pada beberapa paragraf berikut kita akan bersama-sama mempelajari mengenai cara dalam memperjualbelikan buku yang terbit secara self publishing.

Lalu, bagaimana cara menentukannya? Bagi yang ingin mengetahui jawaban terlengkapnya, maka silakan untuk membaca artikel ini sampai selesai! Lantas, inilah cara dalam menentukan harga sebuah buku bilamana terbit dengan self publishing.

Cara Menentukan Harga Buku Self Publishing Yang Perlu Diketahui

Dan di bawah ini ialah ulasan terlengkapnya!

Mengingat dalam menentukan harga barang, khususnya buku perlu diperhatikan akan beberapa aspek yang ada. Hal tersebut sangat berguna dalam menghindari kerugian yang nantinya timbul apabila kita tidak mengerti akan cara dalam memperjualbelikan buku. Belum lagi apabila buku tersebut terbit secara self publishing, maka kita sebagai pemilik buku dituntut untuk mempromosikan sekaligus menentukan harga  buku yang telah kita buat.

Bilamana kamu kebingungan dalam menentukannya, maka simak beberapa tips dibawah ini! Apa saja itu? Inilah penjelasan lengkapnya.

Melakukan survei pasar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum menjual buku yang kamu miliki ialah dengan melakukan survei pasar. Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kamu mengerti apa yang dimaksud dengan survei pasar. Survei pasar ialah bagian yang penting dari penelitian pasar dimana hal yang dapat dilakukan ialah mengukur antusias pasar dan preferensi pelanggan dalam pasar tertentu.

Dengan kamu melakukan survei pasar, maka kamu dapat mengerti akan kinerja dan statistika akan produk yang ingin kamu jual. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan setelah melakukan survei pasar ialah kamu dapat mengetahui akan kondisi yang sebenarnya di lapangan. Contohnya melakukan survei harga, kita dapat mengatahui daftar harga antara buku satu dengan yang lainnya.

Membandingkan dengan yang lain, kemudian dibuat harga rata-ratanya. Dengan begitu maka kamu dapat mengetahui dan dapat memperkirakan harga barang yang lebih kompleks.

Mempertajam analisa pasar buku

Langkah kedua yang harus kamu lakukan ialah dengan melakukan analisa akan pasar sebuah buku. Hal tersebut sangat berguna, khususnya yaitu untuk melihat pemetaan dan probabilitas percetakan akan berjalan lancer atau tidak. Dengan kamu mengetahuinya, maka akan dapat mempertimbangkan rencana dan strategi yang kamu gunakan kedepannya dalam upaya menjual buku yang kamu miliki sendiri.

Bilamana kamu sudah mengerti, maka kamu dapat memilih lokasi yang strategis yang nantinya akan beguna dalam menjangkau pelangggan yang kamu incar. Dengan melakukan analisa pasar secara benar maka kamu juga akan dapat mengerti tingkat persaingan antara penjual yang satu dengan yang lain, baik itu ditentukan dari segi harga maupun menarik dan tidaknya sebuah buku.

Dengan memetakan akan usaha yang kamu miliki, maka kamu akan mendapatkan hasil yang lebih tertata dan lebih efektif. Belum lagi kita mengenal bahwa usaha dalam memperjualbelikan sebuah buku seringkali dilakukan dengan berbagai tehnik dan tips yang bervariasi akan bentuknya.

Distribusi buku menjadi langkah penting

Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan ialah dengan melakukan distribusi buku yang kamu miliki. Pendistribusian buku pada umumnya dilakukan dengan cara mempromosikan buku tersebut. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, baik memposting di beberapa media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook, twitter, maupun medsos yang lain. Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat memperomosikannya pada website.

Dalam proses pendistribusian, maka kamu dituntut untuk dapat melakukan keahlian pada bidang copywriting. Dengan ilmu tersebut maka kamu dapat dengan mudah menjangkau akan calon pembeli.

Memperhitungkan royalti

Langkah terakhir ialah dengan pembagian akan royalti. Dalam memperjualbelikan buku maka kamu tidak bisa sendiri, membutuhkan teman yang bisa kamu percaya dalam proses distribusi buku. Setelah buku habis terjual, maka kamu harus melakukan pembagian akan royalti kepada partner kamu dalam memperjualbelikan buku. Dalam hal ini sistem pembagian royalti perlu kamu pikirkan, misalnya, 5%, 10% atau 25% untuk teman yang membantu kamu, dan sisanya dipergunakan untuk proses daripada pengembalian modal saat kamu menerbitkan akan buku tersebut. Keuntungan yang lain ialah hak yang kamu miliki seutuhnya.

Demikianlah artikel mengenai cara dalam menentukan harga suatu buku khususnya yang terbit secara self publishing. Jikalau sekiranya bermanfaat buat kamu, maka silakan untuk membagikannya kepada orang lain!

Salam penulis.

Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar