Keuntungan yang Jarang Diketahui dari Membaca Novel

Membaca sebuah novel menjadi kegemaran tersendiri di kalangan para pecinta buku fiksi. Tak jarang diantaranya yang bahkan rela untuk mengoleksi novel dari berbagai jenis genre dan menjadikannya stok bahan bacaan, hingga merogoh kocek yang lumayan dalam untuk membeli novel yang sudah mencadi incaran.

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa membaca novel adalah aktivitas yang lumayan membuang waktu. Namun, tak banyak yang tahu bahwa membaca novel selain meningkatkan mood ternyata membawa banyak keuntungan yang bahkan penggemar novel pun tidak menyadarinya.

Keuntungan yang Jarang diketahui dari Membaca Novel

Berikut beberapa keuntungan yang perlu kamu tahu dari membaca novel:

1. Menambah Pengetahuan dan Memperkaya Wawasan

Membaca sama dengan membuka jendela dunia, demikian kata pepatah. Aktivitas membaca memang membawa kamu pada bertambahnya pengetahuan dan wawasan. Namun, hal tersebut tidak  kamu peroleh hanya dari membaca buku-buku nonfiksi saja. Membaca novel pun membawa keuntungan demikian.

Dalam novel, berbagai cerita kehidupan tokoh disajikan dengan alur yang matang. Informasi-informasi dalam novel akan lebih mudah kamu ingat.

Di setiap genre pasti kamu dapati pengetahuan berbeda yang tentunya baru bagi kamu. Bukan hanya wawasan berupa informasi, tapi membaca novel juga dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan verbal kamu, dan tentunya memperkaya diksi kamu.

2. Melatih Konsentrasi dan Daya Ingat

Membaca novel dapat menimbulkan ketenangan sekaligus membangkitkan rasa penasaran. Orang yang menikmati kegiatan membaca novel akan mendapati dirinya rileks dan berkonsentrasi terhadap apa yang dibacanya. Karena itu, tak jarang kamu akan merasa hanyut dengan jalan cerita dalam novel yang kamu baca, sehingga kamu faham betul jalan ceritanya.

Rasa penasaran dan keingintahuan ketika membaca novel, menjadikan kamu mampu mengingat alur dan setiap kejadian yang ada. Tanpa sadar hal tersebut melatih sekaligus meningkatkan kemampuan daya ingat kamu.

3. Meningkatkan Empati dan Membentuk Karakter

Novel kaya akan makna dan nilai-nilai moral, sehingga mampu menggerakkan batin atau kejiwaan pembaca. Kamu bisa tertawa, menangis, terharu atau bahkan merasa emosi dan kesal ketika membaca sebuah novel. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah berempati, terlebih jika kamu mendapati kejadian di dunia nyata yang serupa dalam novel.

Dalam dunia pendidikan, khususnya bidang sastra, novel menjadi salah satu alternatif character building. Aktivitas membaca novel dapat membentuk dan mengembangkan kepribadian peserta didik. Bahkan tak jarang dari mereka yang mengidolakan dan menjadikan tokoh-tokoh dalam novel sebagai role model.

4. Mengefektifkan Waktu Senggang

Keuntungan berikutnya yang kurang disadari yakni menjadikan waktu senggang lebih efektif. Ketika  berada dalam kondisi yang sedang luang hingga menimbulkan kebosanan, kebanyakan orang memilih untuk scroll hp yang justru menjadikan waktu kurang bernilai.

Dengan membaca novel favorit kamu, waktu senggangmu akan terasa lebih bermanfaat dan menyenangkan.  Dengan demikian kamu tidak akan merasa waktu senggangmu berlalu percuma.

5. Menjadi Sumber Inspirasi

Membaca novel bisa meningkatkan imajinasi. Ketika kamu membaca, tidak mungkin bukan kamu tidak membayangkan dan menggambarkannya dalam kepala. Setiap bayangan dan imajinasi tersebut bisa memunculkan inspirasi dan membawamu pada ide-ide baru untuk hal-hal yang sedang kamu kerjakan. Kamu akan berpikir lebih kreatif dan kritis.

6. Terapi Mental

Membaca novel terbutki mampu mengurangi tingkat stress dan ketegangan hingga menghindarkan seseorang dari depresi. Terjaganya kesehatan mental menjadikan kualitas hidup lebih baik. Dengan membaca novel yang kamu gemari, kamu bisa melepaskan penat akibat pikiran. Membaca novel bisa menjadi salah satu alternatif self healing dan me time loh.

Bahkan dalam dunia kesehatan, ada yang namanya bibliotheraphy. Yakni sebuah terapi membaca, pasien akan membaca buku atau novel yang sesuai dengan kondisi permasalahan mereka. Menarik ya, untuk sembuh hanya butuh membaca.

Nah, itu dia sederet keuntungan yang kamu dapatkan ketika membaca novel, semoga infonya bermanfaat ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *