Inilah Cara Kerja Black Box, Barang Yang Paling Dicari Saat Pesawat Jatuh

Cara Kerja Black Box


Kecelakan pesawat adalah kejadian yang tak diinginkan banyak orang. Saat kecelakaan pesawat, hampir dipastikan semua bagian pesawat tersebut akan hancur berkeping-keping. Belum lagi jika pesawat jatuh di perairan, seperti kejadian yang terakhir terjadi dimana pesawat lion air jt610 jatuh setelah 15 menit lepas landas, maka akan lebih sulit mencari puing-puningny tentunya. 

Oleh karena itulah para ilmuan sepakat membuat trobosan teknologi dengan nama black box yang nantinya akan merekam semua kegiatan dalam pesawat, yang mana datanya akan berupa suara. Sebenarnya warna black box tidak berwarna hitam sob, akan tetapi berwarna orange, hal itu karena pada waktu itu sulit mencari black box warna hitam dengan keadaan pesawat terbakar. Namun entah karena apa namanya tetap black box sampai sekarang, kok gak diganti orange box gitu loh!

Inilah sob cara kerja black box:

1. terdapat 2 tipe black box dalam pesawat

black box pertama bernama flight data recorder (FDR) yang berguna untuk merekam berbagai suara yang berhubungan dengan penerbangan. secara garis besar, FDR akan ‘merekam waktu, ketinggian, kecepatan, arah dan kondisi pesawat.
 
yang kedua adalah cockpit voice recorder (CVR) yang terletak di kokpit pesawat, fungsi umum dari CVR adalah merekam suara mesin, peringatan, suar pembicaraan pilot dan berbagai macam bunyi lalin di dalam kokpit.
 

2. terdapat empat microfone di dalam kokpit

Cara Kerja Black Box
 
empat microfone ini akan merekam semua kegiatan pilot dan co pilot dalam operasional pesawat saat pesawat beroperasi. yang mana akan disalurkan menuju CVR. microfone tersebut berada di headset pilot, co pilot, anggota ketiga jika ada dan di tengah-tengah kokpit.
 

3. suara-suara yang akan direkam oleh FDR

karena digunaka untuk operasional, FDR akan tersambung dengan sensor yang merekam berbagai parameter suara. adapun parameter suara yang akan direkam FDR adalah :
  1. waktu
  2. tekanan ketinggian
  3. kecepatan udara
  4. akselerasi vertikal
  5. tajuk magnet
  6. posisi roda kemudi
  7. stabilisator horisontal
  8. aliran bahan bakar

 

4. didesain dapat bertahan dalam segala situasi

kecelakaan pesawat sangat fatal, dari kecelakaan pesawat hanya crash survivable memory units (CSMUs) yang dapat bertahan. dalam CSMUs terdapat 2 bahan penting yang menyimpan berbagai aktifitas peasawat (CVR dan FDR). hal itu karena CSMUs di desain dengan 3 lapisan material, tahan panas dan benturan yang kuat.
 

5. terdapat underwater locator beacon dalam black box

fungsi alat ini adalah berguna untuk mengirimkan gelombang ultrasonik yang akan dipancaran dan dapat dikenali sonar, sehingga memudahkan evakuator dalam mencari black box.
 

6. investigasi dan pengunduhan data

Cara Kerja Black Box
 
setelah ditemukan maka black box akan di investigasi oleh berbagai pihak, salah satunya adalah pihak produsen pesawat, penerjemah bahasa, dan perusahaan pesawat tersebut. investigator akan dengan mudah menterjemahkan apabila black box masih berfungsi. proses ini membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga diperoleh informasi yang akurat tentang kejadian kronologi kecelakaan pesawat.
 
oke sob itulah cara kerja black box, dalam artian singkatnya black box adalah alat perekam aktifitas pesawat. namun tak mendetail, karena hanya merekam suara saja. semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu.

Tinggalkan Komentar