Cara Cek Nomor ISBN Yang Perlu Diketahui

Cara Cek Nomor ISBN Yang Perlu Diketahui

Inilah cara cek nomor ISBN dengan lengkap. Nomor ISBN menjadi tanda pengenal pada setiap buku yang tentunya diterbitkan oleh penerbit yang melayani akan pembuatan barcode ISBN. Bilamana kamu ingin mencari daripada informasi yang dimiliki oleh sebuah buku, maka kamu tinggal melakukan cek pada barcode yang tersedia. Hal ini tentu akan mempermudah daripada pemilik mengenali akan buku yang dimilikinya.

Lalu, bagaimana upaya dalam pengecekan kode ISBN itu? Untuk mengetahui detail jawabannya, maka silakan supaya membaca akan informasi ini sampai selesai! Lantas, inilah cara dalam mengecek nomor ISBN dengan mudah tanpa takut salah.

Cara Cek Nomor ISBN Yang Perlu Diketahui

Dan di bawah ini ialah ulasannya.

Dalam melakukan pengecekan pada barcode ISBN tentu sangat mudah. Namun kita tidak boleh melewatkan akan beberapa fungsi yang dimiliki oleh barcode ISBN. Karna dalam hal ini, tidak ada buku yang original tanpa adanya ISBN, dan buku yang berkualitas tentu memiliki kode ISBN dalam proses pembuatannya.

Fungsi barcode ISBN

  • Sebagai tanda pengenal sebuah buku

Buku tentu memiliki identitas, baik platform yang menerbitkan ataupun penulis dari buku itu sendiri. Dalam hal ini, barcode ISBN ialah bagian daripada pemilik informasi lengkap dari sebuah buku. Walaupun hanya sekedar barcode saja, tentu keberadaannya sangat penting dan menjadi standar resmi dalam pembuatan sebuah buku. Oleh karena itu, adanya ISBN menjadi poin penting yang seharusnya ada dalam setiap penerbit buku.

  • Menjamin kualitas buku dan kredibilitasnya

Tentu dalam sebuah pasar buku terdapat banyak sekali buku yang diperjualbelikan. Namun tidak semua buku tersebut memiliki kualitas yang bagus baik dari segi informasi yang di bawakan maupun identitas yang tidak lengkap. Salah satu ciri dalam menentukan baik dan tidaknya kualitas dari sebuah buku ialah adanya kode ISBN. Dengan adanya ISBN, tentu buku tersebut sudah diakui oleh badan yang menangani. Jadi tidak perlu diragukan lagi akan kualitas yang dimiliki oleh buku tersebut.

  • Mendukung distribusi sebuah buku

Buku menjadi benda yang rawan akan kesalahan daripada distribusi maupun pengiriman buku kepada pemilik maupun pembelinya. Dengan adanya ISBN maka kita tahu buku tersebut ditunjukkan kepada siapa. Dengan mengetahui penulis maupun penerbit buku maka dengan mudah bahwa itu ialah buku yang kita miliki. Maka dari itu, keberadaan ISBN menjadi poin yang penting dalam sebuah buku.

Cara cek kode ISBN

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka link Perpusnas atau Perpustakaan Nasional milik Republik Indonesia. Kamu dapat mencari bagian kolom “cari buku” untuk mencari informasi mengenai buku yang ingin kamu ketahui. Kolom pencarian buku ini berada di bagian kanan atas situs tersebut.

Demikianlah cara mudah cek kode ISBN dalam sebuah buku. Bila bermanfaat, maka silakan supaya membagikan akan informasi ini kepada orang lain!

Salam penulis.

Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar