Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

A. Pembelian

  1. Produk dan jasa Detak Pustaka dapat dilihat di website resmi Detak Pustaka yaitu detakpustaka.com dan Instagram resmi Detak Pustaka (@detakpustaka).
  2. Sistem pemesanan atau pembelian produk dan jasa Detak Pustaka melalui website atau sosial media hanya akan diperoses setelah pelanggan mengkonfirmasi pesananan dengan cara menghubungi Customer Service (CS) Detak Pustaka (+6285850038406) atau cs@detakpustaka.com. 
  3. Pemesanan atau pembelian produk dan jasa Detak Pustaka akan diterima apabila pelanggan sudah menyelesaikan administrasi pembayaran yang diinfokan berupa faktur/invoice.
  4. Khusus untuk sistem pembayaran dimuka (down payment), produk atau jasa akan diterima pelanggan apabila sudah melunasi kekurangan pembayaran yang sudah disepakati.

B. Pembayaran

  1. Pembayaran atas pemesanan atau pembelian produk dan jasa Detak Pustaka hanya dapat dilakukan melalui transfer rekening bank yang telah diberikan Detak Pustaka dan akan diinformasikan dalam faktur atau invoice.
  2. Pelanggan diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran dalam waktu maksimal 1×24 jam (apabila melebihi waktu yang disediakan pesanan dianggap batal).
  3. Apabila transaksi pembayaran telah berhasil dilakukan, pelanggan diwajibkan untuk konfirmasi pembayaran melalui Whatsapp (+6285850038406) dengan cara mengirim bukti transfer atau tangkapan layar mutasi e-banking.
  4. Biaya yang dibebankan kepada pelanggan adalah nominal yang sesuai dengan jumlah harga pesanan. Kecuali ada biaya tambahan, maka pelanggan diwajibkan membayar kekurangan pembayaran diluar pembayaran utama (hal ini akan dikonfirmasi oleh Customer Service Detak Pustaka).
  5. Pembayaran di muka atau Down Payment hanya dapat dilakukan untuk layanan jasa (kecuali pengurusan ISBN) Detak Pustaka, dengan minimal transaksi Rp 2.500.000,00. Down Payment yang dibayarkan minimal sebesar 50% dari total pembayaran (Untuk produk, baik kelas atau penjualan buku, kami tidak menerima down payment).
  6. Harga produk atau jasa dapat berubah sesuai kebijakan Detak Pustaka tanpa pemberitahuan sebelumnya, dan akan diupdate di website resmi Detak Pustaka.
  7. Detak Pustaka tidak bertanggung jawab atas kesalahan pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran maupun penipuan yang mengatasnamakan Detak Pustaka.
  8. Informasi mengenai penawaran/hadiah/promo produk dan jasa Detak Pustaka melalui promosi di sosial media atau website Detak Pustaka dapat ditanyakan langsung ke Customer Service (CS) Detak Pustaka.

C. Pembatalan Transaksi

  1. Pembatalan transaksi akan diproses apabila sudah melakukan transaksi pembayaran dan telah dikonfirmasi oleh pihak Detak Pustaka.
  2. Pembatalan transaksi akan diproses apabila sudah disetujui oleh pihak Detak Pustaka. Transaksi yang dibatalkan akan dikenakan denda pembatalan sebesar nominal yang ditetapkan oleh Detak Pustaka (disesuaikan dengan progress pengerjaan jasa yang sudah berjalan).
  3. Pesanan yang sudah diselesaikan atau sudah dikirim tidak dapat dibatalkan oleh pelanggan.
  4. Detak Pustaka tidak berhak mengembalikan pembayaran dimuka atau down payment sebesar 50% yang telah dikeluarkan pelanggan, apabila pembatalan transaksi dilakukan secara sepihak oleh pelanggan.
  5. Pelanggan akan dikenakan biaya penalti sebesar 50% dari total transaksi jika membatalkan pesanan secara sepihak.
  6. Pelanggan akan dikenakan biaya penalti sebesar 75% dari total transaksi jika membatalkan pesanan secara sepihak dan pesanan sudah diproses oleh Detak Pustaka.
  7. Metode pembatalan transaksi hanya dapat dilakukan dengan menghubungi Customer Service (CS).
  8. Detak Pustaka berhak menolak pembatalan transaksi apabila tidak memenuhi syarat pembatalan transaksi yang ditentukan oleh Detak Pustaka.

D. Pengembalian Dana

  1. Detak Pustaka akan melakukan Pengembalian dana (Refund) apabila pesanan atau jasa melebihi waktu kesepakatan/ produk yang dipesan tidak tersedia/ sedang dalam perbaikan/terdapat gangguan teknis/ tidak sebagaimana mestinya.
  2. Pengembalian dana hanya dilakukan untuk pesanan dan jasa yang tidak sesuai sebagaimana mestinya / tidak dapat selesai dalam waktu yang telah disepakati oleh Detak Pustaka.
  3. Pelanggan diwajibkan mengirim bukti untuk melakukan pengembalian dana yaitu Bukti transaksi pembayaran/pelunasan dan Bukti percakapan dengan customer service yang membuktikan apabila melebihi waktu kesepakatan.
  4. Pesanan yang sudah selesai dikerjakan tidak termasuk dalam kategori pengembalian dana.
  5. Pengembalian dana akan ditransfer melalui bank yang digunakan pelanggan pada saat melakukan transaksi.
  6. Detak Pustaka berhak menolak pembatalan transaksi apabila tidak memenuhi syarat pembatalan transaksi yang dikeluarkan oleh Detak Pustaka.

E. Ketentuan Layanan dan Penerbitan

1. Pra Cetak

Layout:

  1. Naskah yang akan diproses layouting sudah final/sudah melalui tahap editing naskah.
  2. Naskah akan diproses setelah pelanggan melakukan transaksi/pembayaran.
  3. naskah yang dilayout akan dikirim kepada pelanggan dalam bentuk file final (.pdf), apabila pelanggan menginginkan file dalam bentuk lain akan dikenakan biaya tambahan.
  4. Naskah yang diproses memiliki kesempatan atau kuota dua kali revisi, dengan jangka waktu maksimal 14 hari terhitung mulai dari naskah dikirim oleh Detak Pustaka. Apabila telah melebihi 14 hari dan tidak ada konfirmasi revisi dari pelanggan, maka kesempatan revisi akan dianggap hangus.
  5. Naskah yang telah melebihi batas maksimal 14 hari setelah naskah dikirim, dan pelanggan menginginkan ada perbaikan atau revisi maka akan dikenakan biaya tambahan.
  6. Perbaikan atau revisi hanya sebatas revisi desain/tata letak/warna desain/yang terkait dengan layouting, namun tidak merevisi isi naskah.
  7. Perbaikan atau revisi desain akan mengikuti antrean jadwal desain.

Cover Buku/Majalah

  1. Sampul yang di desain merupakan sampul depan buku/majalah, dan sampul belakang buku/majalah lengkap dengan punggung buku.
  2. Pelanggan wajib menginformasikan dimensi sampul buku, dan ketebalan halaman buku/majalah.
  3. Pelanggan diperbolehkan memberikan grand desain/motif/warna dominan dalam cover
  4. Cover akan diproses setelah pelanggan melakukan transaksi/pembayaran.
  5. cover akan dikirim kepada pelanggan dalam bentuk file final (.pdf/png/jpg), apabila pelanggan menginginkan file dalam bentuk lain akan dikenakan biaya tambahan.
  6. cover yang diproses memiliki kesempatan atau kuota dua kali revisi, dengan jangka waktu maksimal 14 hari terhitung mulai dari desain dikirim oleh Detak Pustaka. Apabila telah melebihi 14 hari dan tidak ada konfirmasi revisi dari pelanggan, maka kesempatan revisi akan dianggap hangus.
  7. Cover yang telah melebihi batas maksimal 14 hari setelah naskah dikirim, dan pelanggan menginginkan ada perbaikan atau revisi maka akan dikenakan biaya tambahan.
  8. Perbaikan atau revisi desain akan mengikuti antrean jadwal desain.

2. Penerbitan

Pendaftaran ISBN

  1. Naskah yang akan diterbitkan harus dipastikan merupakan karya original penulis, termasuk judul dan isi dalam naskah.
  2. Pemohon wajib menyertakan naskah asli yang sudah melewati proses editing naskah, layouting, dan desain cover buku.
  3. Naskah bersifat final dan tidak ada perubahan atau revisi.
  4. Naskah yang akan diterbitkan dilarang mengandung SARA, dan bukan termasuk buku yang terlarang untuk diterbitkan.
  5. Khusus untuk naskah terjemahan, wajib melampirkan nama penulis asli dan judul buku asli sebelum diterjemahkan.
  6. Pemohon wajib mengisi persyaratan administrasi:
    • Halaman Sampul (mencantumkan Judul, Penulis, Logo Penerbit)
    • Balik halaman sampul (mencantumkan Judul, Penulis, Editor, desainer layout, desainer Sampul, ISBN (dikosongkan) Data buku seperti jumlah halaman, tinggi dan lebar buku, serta logo penerbit)
    • Kata Pengantar
    • Daftar Isi
    • Sinopsis
  7. Pemohon wajib mengirimkan 3 eksemplar buku apabila memilih untuk didaftarkan sebagai buku cetak. Buku yang dikirimkan wajib lengkap dengan sampul depan, isi naskah dan sampul belakang, serta sudah dilengkapi dengan Logo Penerbit, identitas penerbit dan Barcode ISBN. Ukuran buku yang dikirimkan harus sama dengan ukuran buku yang didaftarkan.
  8. Pemohon wajb mengirimkan pdf naskah lengkap dengan sampul depan, isi dan sampul belakang, serta sudah dilengkapi dengan Logo Penerbit, identitas penerbit dan Barcode ISBN.
  9. Penerbit berhak menolak naskah dari pemohon yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan.
  10. Penerbit berhak membatalkan secara sepihak apabila naskah tidak diterima oleh Perpustakaan Nasional dan mengalami masalah maksimal 3 kali berturut-turut, dan mengembalikan biaya pendaftaran sebanyak 75%.
  11. Naskah akan didaftarkan 1-3 hari setelah pemohon menyelesaikan administrasi dan pembayaran.
  12. Estimasi ISBN diterima oleh pemohon 5-7 hari kerja, estimasi ini akan lebih lambat dari perkiraan apabila terjadi masalah administrasi pendaftaran ISBN.

3. Percetakan

  1. Naskah sudah siap dicetak, lengkap dengan desain sampul depan dan sampul belakang
  2. Percetakan tidak melakukan editing naskah dan isi naskah di luar tanggung jawab percetakan, apabila ada kesalahan tulisan (typo), kekurangan dan sebagainya, percetakan tidak akan mengganti/tidak akan mendapatkan garansi.
  3. Naskah yang akan dicetak wajib berformat pdf untuk isinya dan file sampul depan dan belakang berformat (png/jpg/pdf).
  4. Percetakan akan melakukan proses QC untuk sampul buku, apabila resolusi gambar/file sampul tidak bagus, maka kami akan meminta pelanggan mengirim resolusi yang lebih baik. Apabila dalam 24 jam pelanggan tidak mengirimkan maka kami akan mencetak sesuai dengan file yang kami terima.
  5. Percetakan tidak bertanggung jawab dengan resolusi gambar pada naskah beserta sampul buku, kami akan mencetak sesuai dengan naskah yang kami terima.
  6. Pelanggan dapat mengklaim garansi atau refund apabila:
    • Buku yang kami kirim jumlahnya tidak sesuai dengan yang dipesan, dibuktikan dengan faktur/invoice/bukti transfer.
    • Buku yang kami kirimkan tidak sesuai dengan ukuran atau spesifikasi yang diminta oleh pelanggan, dibuktikan dengan faktur/invoice/bukti pemesanan.
  7. Percetakan akan memastikan packing/pengiriman buku sudah aman. Percetakan tidak bertanggung jawab apabila buku rusak/basah dalam proses pengiriman/terjadi bencana/hal yang di luar kuasa percetakan.

F. Kebijakan Privasi dan Data

  1. Data pribadi yang kami ambil dari pelanggan, atau pelanggan berikan kepada Detak Pustaka, akan diproses oleh kami sendiri. Data pribadi hanya dikumpulkan dari situs resmi kami, dan diperlukan untuk beberapa alasan teknis dan tujuan bisnis.
  2. Pengumpulan, pengolahan serta penggunaan dari data pribadi pelanggan hanya akan dilakukan sesuai dengan persetujuan dari pelanggan atau disebabkan oleh kewajiban hukum yang ada.
  3. Data pribadi yang disimpan di Detak Pustaka dilindungi oleh pengamanan teknis yang tinggi dan tidak akan disebarluaskan kepada pihak ketiga atau diperjual-belikan.
  4. Kami menggunakan alamat e-mail pelanggan, terlepas dari kontrak yang ada, tujuan kami semata-mata adalah untuk melakukan promosi terhadap produk dan jasa Detak Pustaka yang ada, dalam kondisi jika pelanggan secara tegas telah menyetujuinya.

G. Kebijakan Lain

  1. Detak Pustaka berhak untuk mengubah Syarat dan ketentuan ini, sebagian atau keseluruhan, setiap saat dan dari waktu ke waktu. Setiap perubahan tersebut akan segera berlaku dan akan segera tampil pada situs kami.
  2. Dengan menggunakan situs kami, Anda menyetujui segala hal yang telah Anda baca, memahami dan menyetujui dengan adanya Syarat dan Ketentuan dari kami secara keseluruhan, dan menyetujuinya tanpa terikat pada hal apapun.