Wajib Tahu! Langkah Membuat Skripsi yang Baik dan Benar

Wajib Tahu! Langkah Membuat Skripsi yang Baik dan Benar

Mengenal lebih jauh mengenai langkah membuat skripsi bagi kamu para mahasiswa. Pada pembahasan kemaren, kita bersama telah membahas mengenai tujuan skripsi yang perlu kamu tahu sebelum membuatnya. Namun apabila kamu belum membaca secara lengkap, silakan supaya klik link dibawah ini!

Mengenal Tujuan Skripsi Sebelum Kamu Membuatnya

Kembali lagi pada awal pembahasan, sebelum kita wisuda atau kelulusan pada jenjang kuliah. Kita harus bisa membuat skripsi terlebih dahulu. Mengingat bahwa kamu sudah cukup lama dalam menempuh jenjang ini. Lantas, bagaimana cara dan langkah membuat skripsi yang baik dan benar?

Wajib Tahu! Langkah Membuat Skripsi yang Baik dan Benar

Dan berikut ini merupakan ulasannya.

1. Menentukan Judul dan Topik

Menentukan judul dan topik merupakan langkah-langkah membuat skripsi yang tidak boleh terlewatkan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya ilmu-ilmu yang dipelajari selama di bangku kuliah membuat setiap mahasiswa harus memfokuskannya penelitian mereka ke satu teori saja. Agar hasil penelitiannya pun menjadi lebih mendalam maka sangat diharapkan ketika masih pembelajaran para mahasiswa haruslah fokus terhadap pembahasan yang ada supaya saat membuat skripsi tidak kebingungan dalam menentukan topik.

2. Memilih Dosen Pembimbing

Mungkin poin satu ini sering kali dianggap sepele oleh kebanyakan mahasiswa. Tetapi nyatanya, dosen pembimbing juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kelancaran dalam langkah-langkah membuat skripsi yang kamu lakukan lho. Oleh sebab itu, kamu harus jauh-jauh memilih dosen pembimbing sebelum proses pembuatan skripsi.

3. Membuat Kerangka Penelitian

Langkah-langkah membuat skripsi selanjutnya yaitu dengan menyusun kerangka penelitian. Biasanya, beberapa Perguruan Tinggi memiliki standar yang berbeda-beda mengenai kerangka penelitian ini, yang mana hal satu ini sudah bisa kamu dapatkan di buku panduan yang diterbitkan oleh setiap fakultas. Namun secara umum, kerangka penelitian mempergunakan beberapa perihal yang sama saat membuat suatu karya ilmiah yang kamu pelajari saat dibangku kuliah sebelumnya.

4. Sidang Proposal

Sebelum mengarah ke sidang akhir, biasanya para mahasiswa harus melalui langkah-langkah membuat skripsi satu ini. Sidang proposal menjadi penentu apakah topik yang kamu pilih disetujui atau tidak. Berhubungan dengan poin sebelumnya mengenai kerangka penelitian, di sidang proposal ini kamu hanya diminta untuk membuat proposal dari bab 1 sampai dengan bab 3 saja. Sedangkan untuk bab 4 dan bab 5 barus bisa kamu tulis setelah melalui sidang proposal ini.

5. Bimbingan dan Revisi Proposal

Langkah-langkah membuat skripsi setelah sidang proposal adalah melakukan bimbingan dan revisi. Apapun hasil kamu dapat ketika sidang proposal, kamu tetap harus melakukan bimbingan dan revisi. Hanya saja di tahap ini, kamu tidak hanya melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing utama saja, melainkan juga dengan dosen pembimbing 2 atau yang pada nantinya akan menjadi penguji di sidang akhir.

6. Penulisan dan Penjilidan

Penulisan dan penjilidan harus sesuai dengan format yang telah dikeluarkan dan ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi, termasuk warna dari sampul serta sistem penulisan. Nah, langkah-langkah membuat skripsi satu ini biasanya sudah bisa kamu lihat di dalam buku panduan skripsi yang diterbitkan oleh setiap fakultas. Jadi, jangan lupa untuk membaca buku panduan itu dengan sungguh-sungguh ya.

7. Sidang Sarjana atau Ujian Skripsi

Ini dia langkah-langkah membuat skripsi terakhir, yaitu sidang ujian akhir. Di dalam tahap ini, kamu diharuskan untuk mempersiapkan presentasi sebaik-baiknya dan pastikan bahwa kamu benar-benar menguasai materi yang terdapat di dalam skripsi. Biasanya, materi-materi yang harus kamu persiapkan adalah:

  • Penguasaan dari judul skripsi dan latar belakang,
  • Apa yang menjadi permasalahan di dalam skripsi tersebut,
  • Metode apa yang dipergunakan dalam melakukan penelitian, dan
  • Hasil dari temuan dan pembahasan.

Demikianlah artikel yang saya buat mengenai cara dalam membuat skripsi. Bilamana artikel ini bermanfaat, silakan supaya membagikan informasi yang berguna kepada orang lain.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *