Mempelajari Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Artikel

Struktur Artikel

Bagi setiap orang yang memiliki kebiasaan maupun hobi membaca pasti sudah tak asing lagi mendengar istilah artikel. Penulisan artikel sendiri sangat mudah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari, baik dari majalah, koran, dan media online. Tapi tahukah kamu apa itu artikel? Ciri-ciri dan struktur artikel?

Di sini akan sedikit membahas serta menjelaskan segala tentang artikel. Jika kamu tertarik menulis artikel atau hobi membaca artikel, wajib siimak penjelasan berikut, ya.  

Pengertian Artikel

Artikel merupakan sebuah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan dilengkapi data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. 

Sebuah artikel diharapkan dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca. Artikel dapat dipahami sebagai suatu rangkaian atau karangan yang dibuat berdasarkan fakta dan opini untuk dipublikasikan di media, baik itu media cetak, media online, maupun artikel yang diunggah di media sosial. 

Selain itu, topik, tema, atau gagasan dalam sebuah artikel dapat disajikan dalam bentuk opini. Opini ini biasanya digunakan untuk menanggapi suatu permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat sekaligus memberikan solusi dari permasalah tersebut. 

Penulisan artikel sendiri sebenarnya mengandung tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel yakni seluruh opini dan solusi yang disampaikan harus berangkat dari fakta dan data yang akurat, sehingga artikel dapat diuji kebenarannya.

Di dalam artikelterdapat hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Ukuran hasil pemikiran pada suatu objek, yang dapat berupa hasil penelitian atau gagasan analisis kritis
  • Bahasa yang ditulis sebagai komponen dalam menyajikan hasil pemikiran penulis 
  • Dimensi sistematis dibuat sebagai ciri pembeda antara bentuk tertulis dari artikel dan bentuk tertulis lainnya
  • Ukuran kaidah, font yang harus diikuti adalah universal (umum) atau lingkungan.

Ciri-Ciri Artikel

Pada suatu artikel ilmiah biasanya terdapat unsur-unsur didalamnya dapat diartikan sebagai bagian yang mengisi sebuah artikel ilmiah. Selain itu menjadikan artikel berbeda dari tulisan nonfiksi lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri                                                                                       nya :

1. Ditulis secara ringkas, padat, dan jelas

Suatu artikel harus ditulis dan disusun dengan menggunakan bahasa yang ringkas, padat, dan jelas. Penulis artikel tersebut bertujuan untuk lebih memudahkan pembaca dalam memahami isi dari artikel. 

Selain itu, artikel juga sebaiknya menggunakan bahasa yang komunikatif dan bertele-tele. Hal ini yang membuat beberapa pihak sering menyebut artikel sebagai sebuah karya ilmiah populer.

2. Mengandung fakta dan opini

Selanjutnya, ciri kedua dari artikel yaitu harus artikel yang disampaikan harus mengandung fakta dan opini berdasarkan sudut pandang yang objektif, tidak menyudutkan salah satu pihak, dan dilengkapi dengan data pendukung yang teruji kebenaranya. 

Hal ini dikarenakan seluruh tulisan dalam sebuah artikel sebenarnya adalah peristiwa yang benar-benar terjadi atau nyata dan bukan sebuah karangan imajinatif dari seorang penulis

3. Menggunakan bahasa yang formal, lugas, dan efektif

Berikutnya, ciri ketiga dari artikel adalah penggunaan bahasa yang formal sekaligus kalimat yang lugas dan efektif. Hal ini dimaksudkan agar artikel memiliki isi yang lebih padat dan berisi.

4. Bersifat faktual dan informatif

Terakhir, ciri dari artikel adalah harus memiliki sifat yang faktual dan informatif. Artikel bersifat faktual pada dasarnya dapat dipahami sebagai sebuah artikel yang ditulis berdasarkan kenyataan dan memuat kebenaran. 

Sementara, artikel bersifat informatif mengandung maksud untuk memberikan informasi yang berangkat dari hasil penelitian, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Struktur Artikel

Struktur sendiri digunakan untuk menyusun kerangka sebuah teks. Secara umum, struktur artikel memiliki tiga bagian, mulai dari bagian pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, hingga bagian pernyataan ulang atau reiterasi. Bagian dari struktur artikel, diantaranya yaitu:

1. Pernyataan pendapat atau tesis

Bagian awal dari artikel yaitu pernyataan pendapat atau tesis. Bagian ini biasanya memiliki fungsi sebagai pembuka artikel yang terdiri dari orientasi atau tahap pengenalan dari isi artikel yang akan dibahas. Oleh karena itu, bagian ini biasanya mengandung penjelasan aktual yang penting sehingga dapat dijadikan pondasi dalam pembahasan sebuah artikel.

2. Argumentasi

Kemudian, bagian isi dari artikel yaitu argumentasi. Pada bagian argumentasi ini, artikel memuat tentang penjelasan pokok permasalahan yang coba dibahas dan dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan ulang

Bagian terakhir adalah bagian penutup atau pernyataan ulang. Pada bagian ini, artikel akan memuat kalimat kunci yang merangkum berbagai penjelasan ke dalam bentuk simpulan.

Bagaimana mudah bukan menulis artikel? Jika kamu merasa kesulitan dalam menulis, sekarang banyak tersedia jasa penulis artikel yang berkualitas seperti Detak Pustaka. Tetap semangat menulis teman-teman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *