Rumus Luas dan Keliling Bangun Datar

Rumus Luas dan Keliling Bangun Datar, Bangun datar merupakan sebuah bagian dari bidang yang berbentuk datar dan dibatasi oleh garis lurus maupun lengkung. Saya akan mengulas beberapa macam bangun datar yang pastinya muncul dalam palajar matematika.

Secara umum bangun datar dibagi menjadi delapan jenis antara lain,yaitu: Persegi Panjang,Persegi,Segitiga,Jajar Genjang,Lingkaran, Layang-layang,Trapesium,Belah Ketupat.

Rumus Luas dan Keliling Bangun Datar

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Rumus Bangun Datar,Karena dalam matematika pasti akan ada yang nama soal yang mengharuskan kita mengetahui rumus dari suatu bangun datar tersebut.
Langsung saja dibawah ini saya tuliskan beberapa rumus bangun datar:

Rumus persegi panjang
Bangun datar persegi panjang adalah sebuah bangun yang memiliki sisi behadapan yang sama panjang, yaitu 2 sisi panjang(p) dan 2 sisi pendek(l). Rumus luas persegi panjang adalah = p x l, sedangkan kelilingnya K= 2x(p+l).

Rumus persegi
Persegi yaitu bangun datar yang memiliki 4 sisi(s) berhadapan dan sama panjang. Berikut saya tuliskan rumusnya: Luas = s xs (s2), Keliling = 4s (4 x s).

Rumus Layang-layang
Bangun datar layang-layang, yaitu bangun segi empat yang memiliki diagonal yang saling memotong antara sisi 1 dan sisi 2 berbentuk tegak lurus. Rumus luasnya: ½ x (d1x d2), K= 2 x(AB+BC).

Rumus Segitiga
Segitiga merupakan sebuah bangun datar yang memiliki 3 sisi berhadapan berbentung seperti regtangle. Rumus luasnya: ½ (a x t), Rumus Keliling : AB+BC+AC.

Rumus Trapesium
Trapesium adalah sebuah bangun datar yang memiliki sepasang sisi sejajar berbentuk segi empat. Berikut rumus luasnya: ½ x jumlah sisi sejajar x tinggi, Kelilingnya : AB+BC+CD+DA

Semoga saja ulasan tentang rumus luas dan keliling bangun datar ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan pelajar yang membutuhkan referensi tentang rumus bangun datar karena pada zaman sekarang media online sudah cangih untuk mencari sumber informasi.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *