Perbedaan Teks Sejarah dan Biografi, Serupa Tapi Tak Sama!

Beda Teks Sejarah dan Biografi

Teks Sejarah dan Biografi keduanya adalah bagian dari karya sastra. Sastra yang sudah tidak asing lagi ditelinga para penulis maupun pembaca. Tulisan ini merekam peristiwa atau kisah secara runtut dan sistematis, berdasarkan unsur teks akan terlihat jelas perbedaan antara kedua teks ini.

Kedua teks merupakan teks yang memiliki banyak persamaan, termasuk juga ke dalam jenis teks non fiksi. Selain itu, teks ini menggunakan kata-kata penghubung yang berkenaan dengan waktu dan tempat selain itu peristiwanya diceritakan secara kronologis.

Perbedaan Teks Sejarah dan Biografi

Siapa yang tak tahu sejarah? semua orang pasti pernah mempelajari ilmu ini mulai di bangku sekolah menengah pertama atau menengah atas. Walaupun keduanya terlihat sama, jika dilihat struktur dan unsur teksnya akan jelas perbedaanya.

Teks sejarah maupun biografi seringkali menjadi sumber informasi serta wawasan bagi setiap pembacanya. Sehingga Keduanya harus ditulis dengan sumber-sumber yang jelas dan tidak bisa asal menulis saja. Penulis harus benar-benar memahami kisah dan peristiwa masa lalu dan mengemasnya menjadi sebuah tulisan yang mudah dipahami.

Pengertian Teks Sejarah

Sebuah teks yang menjelaskan serta menceritakan tentang berbagai fakta dan kejadian pada masa lalu. Kejadian tersebut berkaitan erat dengan terjadinya peristiwa yang memiliki nilai sejarah.

Teks sejarah merupakan teks yang menampilkan unsur sejarah dan fakta tentang tokoh, waktu, nama tempat, dan peristiwa sejarah. Penulisan teks membutuhkan beberapa tahapan dalam penulisan yaitu menentukan topik, merumuskan kerangka, mencari data sumber terpercaya, hingga merangkai menjadi teks yang mudah dipahami.

Penulisannya membutuhkan pengetahuan yang lebih agar dapat merangkai teks cerita sejarah menjadi tulisan yang bermanfaat dan mudah dipahami. Selain itu, makna teks sejarah adalah catatan-catatan peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu kemudian dikembangkan berdasarkan bukti yang ditemukan. Bukti-bukti tersebut dirangkai menjadi sebuah teks sejarah yang dapat dinikmati oleh pembaca.

Sejarah didukung dengan bukti-bukti yang didapat dari dokumen sejarah yang diwariskan secara turun-temurun. Teks narasi sejarah mengandung unsur yang memuat fakta tentang tokoh, waktu, nama tempat, dan peristiwa sejarah.

Teks cerita sejarah memiliki unsur sebagai berikut:

  • Menceritakan peristiwa masa lampau.
  • Berdasarkan fakta sejarah yang pernah terjadi, jika teks sejarah fiksi menceritakan latar fakta di masa lalu.
  • Teks ditulis dengan melihat sumber rujukan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan sejarah
  • Menceritakan peristiwa secara kronologis.
  • Menggunakan kata hubung yang terkait dengan waktu, keterangan tempat, hingga kata kerja.

Pengertian Biografi

Teks biografi merupakan bagian karya sastra yang memberikan informasi serta pesan moral kepada pembacanya akan tetapi, menulis teks biografi tak bisa sembarang. Tulisan Biografi termasuk dalam bagian teks sejarah karena menguraikan dan menjelaskan peristiwa seseorang yang sudah terjadi di masa lampau. 

Begitupun dengan teks cerita sejarah yang menjelaskan peristiwa pada masa lampau. Penggunaan kata penghubung dalam biografi berhubungan dengan teks sejarah. Kata hubung dapat dibuktikan dengan penggunaan kata yang berkaitan dengan waktu seperti semenjak, selama, hingga, dan sebagainya.

Uraian kisah seseorang dimasa lampau berisi Informasi berupa riwayat pendidikan, riwayat kelahiran, hingga peristiwa yang dilalui tokoh menuju sukses. Jadi, teks biografi berfokus kepada cerita seseorang sedari kecil hingga dewasa dan mengarah kepada ulasan keistimewaan seorang tokoh yang tidak dimiliki orang lain.

Teks Biografi memiliki unsur sebagai berikut:

  • Teks bersifat naratif, memperkenalkan tokoh sesuai runutan peristiwa.
  • Menceritakan kisah perjalanan hidup seorang tokoh yang memiliki pengaruh dalam masyarakat
  • Menceritakan peristiwa tokoh secara detail dari masa ke masa (kronologis)
  • Menggunakan kata hubung yang terkait dengan waktu, keterangan tempat, hingga kata kerja.
  • Penggunaan cerita alur maju

Dapat disimpulkan perbedaaan singkat teks sejarah dan biografi, teks sejarah merupakan teks narasi yang mengandung fakta tentang tokoh, waktu, nama tempat, dan peristiwa sejarah. Sedangkan biografi merupakan tulisan yang menyajikan dan menguraikan riwayat hidup seseorang berdasarkan peristiwa yang dialami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *