Demam Panggung: Pengertian, Gejala dan Penyebab

Demam Panggung: Pengertian, Gejala dan Penyebab

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Demam Panggung, tentunya tidak asing bahkan kamu sudah mengalaminya. Demam panggung sering dialami pada saat kita akan melakukan event tertentu biasanya bersifat interaksi sosial.

Nah, sebelum kita membahas lebih dalam mengenai demam panggung, saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertiannya. Deman panggung dalam dunia medis sering disebut juga dengan Kecemasan Sosial atau disebut dengan fobia sosial.

Kecemasan sosial adalah kondisi ketika seseorang merasa cemas dan takut ketika harus berinteraksi dengan kalayak umum. Sehingga, jika kamu merasa selalu khawatir, gelisah, bahkan merasa takut bisa jadi kamu mengalami gangguan kecemasan.

Demam Panggung: Pengertian, Gejala dan Penyebab

Berikut ini tanda gejala yang sering terjadi pada orang yang mengalami gangguan kecemasan atau demam panggung. Yuk simak !

Gejala kecemasan dapat berupa yang tampak secara fisik ataupun psikis, diantaranya adalah :

  1. Berkeringat dingin
  2. Tubuh gemetar
  3. Jantung berdebar kencang
  4. Mengalami ketegangan otot
  5. Nyeri pada bagian tertentu
  6. Mual, pusing
  7. Rasa cemas berlebihan
  8. Perasaan ingin lari dari kenyataan
  9. Mengalami kekhawatiran yang berlebihan

Itu tadi beberapa tanda-tanda gangguan kecemasan yang sering terjadi pada seseorang. Menurut pengalaman saya kalau sedang demam panggung mungkin hanya mengalami jantung berdebar kencang, dan rasa cemas. Dan itu masih dalam konteks wajar, kamu belum masuk ke dalam kategori yang berat.

Dan yang perlu kamu ketahui, sebuah tanda gejala muncul pasti ada yang mempengaruhi atau penyebab tertentu. Oleh karena itu, simak beberapa penyebabnya berikut ini :

  1. Rasa tidak percaya terhdap diri sendiri
  2. Kurang istirahat
  3. Faktor keturunan
  4. Terlalu banyak konsumsi kafein
  5. Terlalu banyak bermain sosial media
  6. Trauma kejadian masa lalu

Dan sebenarnya masih banyak lagi, karena setiap orang tidak sama. Terutama kalau kita melihat kondisi sekarang di masa pandemi, media sosial bisa menjadi pemicu kecemasan sosial. Selian itu juga, #Dirumahaja juga bisa menjadi pemicu kecemasan, sebab kita semakin berkurang dalam berinteraksi dengan orang.

Dan ketika akan memulai sebuah event tertentu pasti ada rasa yang berbeda. Sebenarnya tidak semua media sosial itu memicu terjadinya kecemasan, kamu juga bisa mengunjungi Instagram kami @detakpustaka untuk mendapatkan informasi menarik, selain itu kamu juga bisa belajar tentang kepenulisan.

Jadi kan moment mu saat dirumah aja menjadi bermanfaat, serta kurangi overthinking yang berlebihan. Kesehatan mental itu mahal dan yang tahu hanya kamu sendiri, oleh karena itu pandailah dalam menjaganya. Tetap semangat untuk terus belajar, semoga bermanfaat. Baca artikel menarik lainnya disini

Tinggalkan Komentar