Pengertian dan Fungsi Cover Buku dalam Ilmu Kepenulisan

Pengertian dan Fungsi Cover Buku dalam Ilmu Kepenulisan

Pengertian cover buku dan fungsinya dalam ilmu kepenulisan dan terhadapa kualitas buku. Dalam membuat sebuah buku, tak bisa kita pungkiri bahwa cover buku merupakan salah satu elemen yang penting dalam proses pembuatan buku. Karena sampul buku merupakan bagian utama yang menjadi daya tarik bagi pembeli maupun pembaca buku yang hendak kamu buat. Lantas, apa pengertian sampul buku dan fungsinya bagi sebuah buku dan terhadap ilmu kepenulisan?.

Pengertian dan Fungsi Cover Buku dalam Ilmu Kepenulisan

Berikut adalah ulasan mengenai seluk beluk sampul buku.

Pengertian

Cover buku atau sampul buku merupakan pelindung bagian dari isi buku yang berupa lembaran kertas, dan fungsi utamanya yaitu untuk mengikat lembaran-lembaran kertas yang terdapat pada sebuah buku agar tidak mudah lepas.

Sampul buku dapat memiliki kualitas baik apabila desain yang ada juga dapat memanjakan mata pembaca. Dengan adanya sampul, hal tersebut juga menandakan akan segi keterampilan penulis dalam memberi makna buku yang telah dibuatnya. Oleh karena itu, sampul buku sangatlah penting dalam proses pembuatan buku.

Fungsi Sampul Buku

1. Berperan sebagai pelindung

Sebagai koleksi maupun referensi bagi para pembaca, buku sangat perlu kamu perhatikan akan segi keawetan yang ada. Dengan adanya sebuah sampul, maka benda yang satu ini dapat berfungsi untuk melindungi buku kamu agar lembaran kertas yang ada pada buku tidak mudah rusak dan kusut ketika disimpan di tempat yang lembab.

2. Menyimpan makna dan ciri khas dalam sebuah buku

Sampul buku juga bisa memberi makna yang terkandung dalam sebuah buku. Sehingga kamu dapat mengerti makna cerita yang terkandung hanya dengan melihat desain yang terdapat pada sampul tersebut. Namun perlu kamu ketahui, bahwa sampul buku juga memberi ciri khas dari pembuat buku atau penulis buku ini.

3. Memberi penjelasan mengenai genre yang terkandung

Sampul buku bisa memberi isyarat mengenai genre dari sebuah buku, Sehingga pembaca tidak kesulitan dalam mencari buku yang hendak dibaca. Dengan adanya sampul, kamu akan lebih mudah membedakan buku genre khusus remaja dengan buku genre anak-anak maupun dewasa.

Demikianlah artikel mengenai pengertian dan fungsi dari cover buku, bilamana artikel ini bermanfaat silakan supaya membagikan informasi yang berguna kepada orang lain. Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *