Pengertian dan Cara Membaca Tabel yang Perlu Kamu Tahu

Pengertian dan Cara Membaca Tabel yang Perlu Kamu Tahu

Istilah tabel tentu menjadi suatu hal yang tidak asing di telinga kita. Banyak kita jumpai dalam keseharian, baik di kehidupan masyarakat, sekolah, maupun pekerjaan.

Tabel menjadi media yang dapat memudahkan seseorang untuk menyampaikan suatu data informasi. Sebab dengan tabel informasi akan tersaji ringkas dan informatif. Serta media yang mudah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat.

Pengertian dan Cara Membaca Tabel yang Perlu Kamu Tahu

Ringkasnya data informasi yang tersaji dalam tabel tentu saja diperlukan pemahaman agar data tersebut tersampaikan pada pembaca (target). Artinya kita sebagai pembaca data harus paham apa maksud dari data yang tersaji dalam tabel tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan pengertian dan cara membaca data di dalam tabel.

Pengertian tabel

Tabel adalah kumpulan kolom dan baris yang memuat angka-angka atau kata-kata (berupa ikhtisar sebuah data informasi) yang disusun secara beraturan atau bersistem menurut kesatuan tertentu.

Dengan melihat pengertian dari tabel tersebut, dapat sedikit kita ketahui bahwa tabel tidak berisikan suatu kalimat-kalimat penjelas yang spesifik. Kita sebagai pembacalah yang harus bisa memahaminya, sehingga kita bisa memperoleh informasi dari tabel tersebut.

Apa yang disajikan suatu tabel?

Berbicara tentang apa yang tersaji dalam suatu tabel, tentu saja hal tersebut bergantung dengan banyak hal. Karena setiap tabel dapat membuat informasi yang berbeda-beda.

Yang tentu saja hal tersebut bergantung pada jenis, fleksibilitas, notasi, representasi, dan juga penggunaannya. Jadi apa yang dimuat dalam suatu tabel tergantung apa yang ingin disampaikan penulis atau pembuatnya.

Bagaimanakah cara membaca tabel

Bentuk tabel itu beraneka ragam mulai dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Bila tabel membuat data yang sederhana kita dapat dengan mudah membacanya.

Namun bila data yang tersaji itu kompleks semisal data penelitian tertentu maka diperlukan analisis data untuk dapat diambil kesimpulannya. Namun perlu kamu ingat baik data itu sederhana ataupun kompleks langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membaca tabel adalah membacalah terlebih dahulu judul dari tabel tersebut.

Melalui judul kamu akan tahu informasi apa yang akan disampaikan. Dan untuk lebih mendalami lebih lanjut tentang informasi yang dimuat di tabel, kamu harus bisa membacanya.

Langkah-langkah membaca tabel

Secara umum, berikut adalah cara membaca data pada suatu tabel:

1. Lihat judulnya

Apapun jenis tabelnya baik yang sederhana ataupun kompleks langkah pertamanya adalah membaca judulnya. Supaya kamu tidak mengalami kesalahan informasi, semisal kamu ingin mencari data A tapi ternyata kamu salah baca misal justru data B yang kamu baca. Akan sia-sia bukan prosesmu memahami atau membaca tabel?

2. Baca keterangan

Keterangan merupakan suatu penjelasan penting tentang informasi yang dimuat di tabel. Biasanya keterangan terletak di bagian luar tabel. Yaitu bisa terletak di bagian sisi atas, bawah, kanan, atau kiri dari tabel.

3. Bacalah simbol yang digunakan

Yang dimaksud dengan simbol itu semisal data yang disajikan di tabel dalam bentuk persenkah. Atau jumlah tertentu lainnya. Dengan membaca simbol kamu tidak akan salah menafsirkan atau membaca data yang tersaji di tabel.

4. Ajukan pertanyaan

Kamu perlu mengajukan beberapa pertanyaan agar kamu yakin tabel yang kamu lihat berisikan informasi yang sedang kamu cari. Contoh pertanyaannya semisal, untuk tahun berapa data tersebut? Rentan umur berapa respondennya? Berjenis kelamin apa respondennya?

5. Menafsirkan angka dan membaca data

Langkah terakhir adalah menafsirkan data (baik angka maupun kata tapi lebih sering pada sebuah tabel itu memuat angka). Setelah kamu berhasil menafsirkannya, maka kamu akan dapat membaca tabel tersebut.

Dalam proses membaca tabel diperlukan kecermatan dan ketelitian walaupun pada umumnya membaca tabel itu menggunakan teknik membaca memindai. Yang tentu saja ketelitian dan ketajaman mata sangat diperlukan sehingga kamu bisa memperoleh informasi yang kamu cari.

Perlu kamu tahu juga bahwa jenis tabel itu beraneka ragam (yang akan kami uraikan pada artikel selanjutnya), dan juga proses informasi dapat tersampaikan ke kita sebagai pembaca juga beraneka ragam. Dari yang langsung bisa dibaca sampai dengan diperlukan analisis data.

Tinggalkan Komentar