Buku Monograf adalah: Perbedaan dan Karakteristik

monograf adalah

Menulis penelitian pasti membutuhkan buku sebagai rujukan dan bahan referensi. Begitupun dengan dosen maupun akademisi yang berperan dalam bidang pendidikan bagi mereka buku tersebut merupakan sumber untuk menulis ataupun informasi yang berdasarkan fakta.

Buku monograf adalah salah satu buku yang juga tak jarang digunakan sebagai sumber rujukan. Monograf berisi satu topik atau sejumlah topik yang berkaitan biasanya ditulis oleh satu orang. Namun, apa perbedaan buku ini dengan buku ajar ataupun buku referensi?

Buku Monograf adalah: Perbedaan dan Karakteristik

Pada dasarnya definisi monograf adalah karya tulis mengenai satu bagian dari suatu ilmu atau mengenai suatu masalah tertentu. Monograf berbeda dengan terbitan berseri seperti majalah, jurnal, atau surat kabar.

Buku ini merupakan tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya hanya pada satu topik dalam satu bidang ilmu kompetensi penulis. Inti buku terdapat rumusan masalah yang mengandung nilai suatu ilmu, secara metodologi pemecahan masalah didukung dengan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas.

Intinya Buku monograf adalah bentuk tulisan yang berfokus pada sub bidang ilmu yang spesifik. Pada dasarnya, buku ini adalah laporan penelitian yang memiliki kepadatan materi yang lebih besar. Karya tulis yang dibuat oleh penulis yang berada di spesialis bidang tertentu.

Perbedaan dengan Buku Referensi dan Buku Ajar

Perbedaan buku monograf dan buku referensi yakni, buku monografi ditulis dan disusun dengan topik yang spesifik sedangkan buku referensi mengulas suatu pengetahuan secara luas dan umum.

Buku monograf ini merupakan bentuk buku yang terbitannya tunggal dan tidak ada seri selanjutnya. Berbeda halnya dengan buku referensi, buku referensi adalah buku yang ditulis secara ilmiah atau mengikuti kaidah-kaidah penulisan ilmiah yang membahas hanya satu bidang ilmu saja. Buku referensi tersebut biasanya berisi topik atau tema yang cukup luas.

Lain halnya dengan buku ajar, buku ini merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Buku ajar bentuknya bisa berupa buku teks, buku paket, buku materi. Buku ini dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yang memuat bahan ajar sesuai kurikulum yang berlaku.

Sebenarnya dari bentuknya buku ajar seperti buku biasa yang isinya menjadi acuan berkualitas dan biasanya dan juga ditulis oleh pakar di bidangnya masing-masing.

Karakteristik Buku Monograf

Secara umum, buku monograf memiliki sejumlah karakteristik yang khas. Untuk menulis monograf perlu memahami karakter dari buku sehingga apa yang ditulis memang sesuai dengan standar penulisan salah satu karya tulis tersebut. Beberapa diantaranya adalah:

1. Merupakan Hasil Penelitian

Buku ini ditulis berdasarkan hasil sebuah riset atau penelitian. Sehingga termasuk ke dalam jenis karya ilmiah, yang bisa juga disebut sebagai salah satu buku hasil penelitian.

Isi buku serta istilah di dalamnya memaparkan hasil penelitian dengan bahasa ilmiah. Sebab tujuan dari pembacanya sendiri bukan masyarakat umum atau awam, melainkan untuk kalangan dosen.

2. Digunakan oleh Dosen sebagai Rujukan

Walaupun juga dipergunakan sebagai buku rujukan akan tetapi buku ini hanya digunakan oleh kalangan dosen, sehingga tidak seperti buku ajar. Selain itu juga dipakai sebagai referensi saat menjalankan penelitian.

3. Gaya Bahasa Formal

Buku monograf termasuk ke dalam jenis karya tulis ilmiah. praktis bahasa yang digunakan memakai bahasa formal. Sehingga ada aturan terkait gaya bahasa di dalamnya yakni menggunakan gaya bahasa atau gaya penyajian formal.

4. Memiliki ISBN

Buku monograf juga diwajibkan untuk dipublikasikan secara resmi. Melalui penerbit resmi, penerbit perguruan tinggi, maupun yang lainnya. Sehingga memiliki ISBN dan bisa terdata di Perpusnas.

5. Fokus pada Satu Cabang Ilmu

Buku monograf fokus mengulas atau membahas satu cabang ilmu saja, biasanya penulis adalah yang menguasai bidangnya. Sehingga satu buku monograf hanya ditujukan untuk dosen di bidang ilmu tertentu.

6. Pemaparan dengan Logika

Buku monograf berisi satu topik dari suatu bidang keilmuan yang kemudian dipaparkan menurut alur logika keilmuan. Disusun secara rinci dan berurutan dari pembahasan paling mendasar menuju ke pembahasan lebih kompleks.

Selama memiliki pemahaman yang bagus dan baik pada sub fokus tertentu tak ada salahnya mencoba menulis buku monograf. Tentunya bagi seorang akademisi ataupun dosen buku ini akan sangat penting dan membantu bagi dunia pendidikan.

Jika kamu memiliki naskah monograf atau naskah lainnya yang ini diterbitkan, penerbit Detak Pustaka bisa menjadi pilihan penerbit berkualitas yang akan memudahkan bukumu terbit. Tidak perlu khawatir! Harga terjangkau dan ditangani oleh tim yang profesional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *