Menerbitkan Buku Nonfiksi di Penerbit Jombang Detak Pustaka

Menerbitkan Buku Nonfiksi

Suka menulis dan punya keahlian khusus? atau ingin membagikan ilmu yang bermanfaat kepada pembaca? atau ingin menerbitkan buku nonfiksi atau ajar yang berkualitas? Penerbit buku Jombang Detak Pustaka siap menerima karya terbaikmu. Jangan ragu lagi dengan kualitasnya, segera daftarkan dirimu dan kirimkan naskahmu ke penerbit Detak Pustaka.

Pengertian Buku Nonfiksi, Contoh, dan Ciri-Cirinya

Menurut KBBI, nonfiksi adalah sastra atau karya tulis yang berdasarkan fakta dan kenyataan. Buku non fiksi merupakan buku yang naskahnya disusun berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan fakta-fakta dan bersifat non-imajinatif. Fakta-fakta yang menentukan arah dalam penyusunan serta penulisan buku sehingga dapat ditentukan secara lebih spesifik.

Menulis buku nonfiksi berarti menulis cerita atau gagasan yang benar-benar terjadi atau berlangsung, atau berisi tentang ilmu pengetahuan. memaparkan fakta berdasarkan kenyataan, dapat berupa buku ilmu pengetahuan, kisah tokoh, hingga buku cerita yang diambil dari sejarah.

Sumber penulisan diambil berdasarkan sumber yang jelas, maka menerbitkan buku non fiksi seorang penulis harus bisa menguasai topiknya. Berbanding terbalik dengan fiksi, buku nonfiksi penulisannya didasari kejadian nyata atau fakta yang bersifat informatif. Buku ini membutuhkan pengamatan spesifik dan data sebagai bahan kajian penulisan, sehingga karya tulisnya dapat dipertanggungjawabkan. 

Jika kamu ingin menerbitkan karya tulis berupa buku nonfiksi, hal yang perlu kamu kuasai terlebih dahulu adalah kedisiplinan dan konsistensi dalam menulis dan menjalaninya. Menulis buku nonfiksi memang tidak mudah tetapi apabila dijalani dan telah selesai buku ini akan banyak bermanfaat bagi orang sekitar.

Contoh jenis buku yang termasuk kedalam buku nonfiksi

Buku-buku Nonfiksi biasanya berupa buku ilmu pengetahuan atau buku yang bersifat informatif, Berikut beberapa jenis buku yang termasuk dalam kategori buku nonfiksi:

  1. Biografi
  2. Karya tulis ilmiah (Skripsi, tesis, disertasi)
  3. Buku pelajaran atau Buku ajar
  4. Buku Motivasi
  5. Buku referensi
  6. Jurnal
  7. Buku ensiklopedia
  8. Esai
  9. Opini
  10. Pidato
  11. Buku tutorial, dsb.

Ciri-Ciri yang Terdapat Pada Buku Nonfiksi

Berdasarkan definisi dari buku nonfiksi diatas karena penulisan buku nonfiksi sumbernya yang berdasarkan fakta yang ada maka, tentunya buku nonfiksi memiliki perbedaan yang jauh dengan buku fiksi.

Unsur buku non fiksi maupun nonfiksi memiliki bermacam ragam. Tingkat kesulitannya pun berbeda, tergantung dari jenis buku tersebut. Penulisan buku nonfiksi umumnya terdapat ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahasa formal
  2. Menggunakan frasa dan bahasa yang memiliki makna sebenarnya
  3. Ditulis berdasarkan fakta
  4. Memiliki ide yang ditulis secara jelas dan sistematis
  5. Mengandung informasi yang sesuai dengan fakta
  6. Menyajikan temuan baru atau penyempurnaan temuan yang sudah ada
  7. Motivasi, bentuk gagasan teks bersifat jelas
  8. Penulis memberikan analisis dari data yang ditemukannya ke dalam tulisanya.

Sementara itu, penulisan buku non fiksi harus memiliki beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Selain informasi yang ditulis harus berupa fakta, cara penyajian materi dalam buku, penulisan paragraf, penggunaan kata, data pendukung, pencantuman indeks, sampai dengan penulisan daftar pustaka.

Menerbitkan buku nonfiksi membutuhkan rincian yang harus diperhatikan agar naskah buku kita layak diterbitkan, kamu bisa memilih penerbit yang berkualitas untuk menerbitkan karyamu. Oleh karena itu, penerbit Jombang Detak Pustaka siap membantu teman-teman penulis menerbitkan karya terbaiknya.

Menerbitkan Buku Nonfiksi di Penerbit Jombang Detak pustaka

Buku nonfiksi atau fiksi Keduanya memiliki teknik menulis yang berbeda. Dari pembahasan diatas menerbitkan buku nonfiksi terlihat sedikit sulit dibandingkan dengan buku fiksi. Meskipun begitu sebenarnya penulisan fiksi pun memiliki ketentuannya sendiri.

Menerbitkan buku non fiksi tidak melulu terkesan kaku dan serius. Banyak juga jenis buku non fiksi yang bentuk penulisannya berbeda ketika kita menulis buku karya ilmiah yakni berbentuk seperti sebuah cerita. 

Bagaimana tertarik mengirimkan Naskah karyamu? Daftarkan dan kirimkan naskahmu, menjadi penulis penerbit buku Jombang Detak Pustaka, bukumu akan diterbitkan secara gratis DISINI. Atau jika anda ingin diterbitkan cepat tanpa menunggu, tersedia banyak pilihan paket cetak buku dengan harga terjangkau dan berkualitas DISINI.

Punya naskah tapi masih bingung dan ragu bagaimana caranya menerbitkannya bisa menghubungi tim penerbit Detak Pustaka untuk konsultasi DISINI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *