Tips Memulai Kembali Kebiasaan Membaca Buku. Yuk Terapkan agar Literasi Semakin Meningkat

Tips Memulai Kembali Kebiasaan Membaca Buku. Yuk Terapkan agar Literasi Semakin Meningkat

Aktivitas membaca buku menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun ada pula yang menganggapnya sebagai aktivitas yang membosankan. Ada juga sebagian lagi orang awalnya hobi membaca lalu berubah menjadi bosan untuk melakukannya.

Kebiasaan atau habit membacanya jadi hilang. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Semisal karena penggunaan ponsel pintar, di mana akses untuk mengisi waktu luang semakin beragam. Mulai dari menonton Youtube sampai dengan film yang tersedia di platform online.

Tips Memulai Kembali Kebiasaan Membaca Buku. Yuk Terapkan agar Literasi Semakin Meningkat

Tanpa disadari kemudahan tersebut menjadikan beberapa orang lebih memilih ponselnya daripada buku yang ada di rak. Padahal membaca buku memiliki beragam manfaat.

Pada kesempatan ini kami akan menguraikan beberapa manfaat membaca buku dan juga tips yang bisa dilakukan agar kebiasaan membaca buku dapat diterapkan kembali. Selamat menyimak, dan menerapkannya.

Manfaat Membaca Buku

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan tips agar bisa memulai kembali kebiasaan membaca buku akan kami uraikan beberapa manfaat dari membaca buku. Semoga dengan mengetahui beberapa manfaatnya kamu akan semakin rajin untuk membaca buku.

Dan bagi yang sedang vakum dari dunia membaca buku, menjadi memiliki gairah kembali untuk menghabiskan bahan bacaan yang menganggur di rak. Berikut adalah beberapa manfaat dari membaca buku:

1. Melatih konsentrasi

Aktivitas membaca buku menjadikan kita fokus dengan apa yang kita baca. Menyelami setiap kata dan kalimat yang tersusun di dalamnya. Serta memaknai apa yang sedang kita baca, dimana hal tersebut mengharuskan kita untuk berkonsentrasi atau fokus.

Nanum sebenarnya fokus tersebut tidak perlu dibuat-dibuat atau dipaksakan, karena apabila kita sudah menikmatinya tanpa sadar diri kita akan fokus. Kebiasaan untuk fokus tersebut dapat pula diterapkan atau bisa menjadi sebuah kebiasaan di aktivitas lain selain membaca.

2. Melatih daya ingat

Dengan rajin membaca daya ingat kamu akan semakin kuat, sehingga nanti jika umurmu semakin bertambah akan mengurangi resiko demensia atau pikun.

3. Meningkatkan keterampilan menulis dan memperluas wawasan pengetahuan

Kebiasaan membaca akan sangat berguna bagi penulis dalam prosesnya menulis. Baik kamu menulis fiksi maupun non fiksi, kebiasaan membaca akan sangat membantumu. Wawasanmu akan semakin bertambah luas dan juga kosa katamu akan semakin banyak.

Wawasan yang luas dapat kamu tuangkan dalam karya yang kamu tulis juga, sehingga apa yang kamu tulis semakin berbobot. Kosa kata yang semakin luas menjadikan tulisanmu tidak membosankan.

4. Mengurangi stress

Aktivitas membaca dapat merilekskan otak kita, karena dalam prosesnya pasti dilakukan dengan penuh ketenangan. Tidak mungkin bukan kita membaca buku sambil lompat-lompat atau berpesta.

Paling ramai mungkin kita membaca sambil mendengarkan musik, iya bukan? Nah melalui aktivitas membaca buku ini layaknya kita sedang bermeditasi. Kita mampu fokus pada saat ini, mindfulness.

Di mana mindfulness ini menjadi salah satu cara untuk kita menumbuhkan self love. Kalau kita menyayangi diri kita bukankah sebaiknya mengurangi pemicu stress, salah satunya yaitu dengan cara membaca buku.

Daripada scrolling timeline media sosial yang penuh dengan hiruk pikuk kehidupan yang tidak nyata. Bukankah begitu?

Tips memulai kembali kebiasaan membaca buku

Setelah tahu beberapa manfaat di atas sudahkan membuatmu termotivasi untuk kembali membaca buku? Jika masih belum silakan baca uraian 5 tips memulai kembali kebiasan membaca buku berikut ini:

1. Mulai ikuti media sosial tentang membaca buku

Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup kita akan selalu berdampingan dengan media sosial seperti instagram. Kita tidak mungkin bisa lari dari kenyataan tersebut. Namun kita harus punya strategi bagaimana media sosial tersebut dapat memacu untuk kembali memulai kebiasaan membaca.

Yaitu salah satunya dengan mengikuti media sosial tentang dunia literasi atau perbukuan. Di sana kamu akan menemukan rekomendasi buku untuk dibaca, dimana akan disampaikan sedikit tentang isi buku tersebut. Sehingga membuatmu terpancing untuk membacanya.

2. Rubah dari membaca artikel online ke buku

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *