Langkah-langkah membuat karya tulis

Langkah-langkah dalam membuat karya tulis
(inspirasi sebelum menulis)

Pada bacaan kali ini saya membahas tentang langkah-langkah dalam membuat karya tulis. Menulis merupakan  bentuk mengekspresikan diri  seseorang. Menulis dapat kita tanamkan mulai sejak usia dini.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit mengulas langka-langkah sebelum menulis . Menulis banyak ragamnya yaitu, menulis puisi, menulis cerita, menulis pantun dan lain sebagainya.

Langkah-langkah dalam membuat karya tulis

Hal yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan membuat sebuah karya tulis adalah kemauan, “Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan”  pepatah mengatakan kurang lebih seperti itu.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum menulis :

  1. Menentukan topik 
    Sebelum menulis hal utama yang harus kita lakukan adalah menentukan sebuah topik.Topik akan mempermudah kita untuk menuangkan ide-ide selanjutnya.
  2.  Kerangka karangan
    Setelah memiliki topik, hal selanjutnya kamu bisa langsung membuat sebuah kerangka. saya ambil contoh misalnya, kamu ingin pergi ke sebuah tempat wisata. hal utama yang akan kamu bahas di paragraf nanti tentang apa. Dan begitupun pada paragraf selanjutnya.
  3. Mencari data
    Menulis sebuah karya tulis selain menentukan topik, kita harus menentukan data-data yang akan kita bahas di karya tulis tersebut. Tujuan melakukan Hal ini adalah untuk mempermudah pembaca memahami isi pembahasan pada karya tulis.
  4. Mulai menggoreskan tinta (mulai menulis)
    Setelah semua data terkumpul . kini saatnya kamu menulis. Carilah tempat yang sekiranya nyaman dan membuatmu bisa optimal dalam menulis. Menulis tidak perlu terburu-buru agar dapat menghasilkan sebuah paragraf yang sesuai dengan anganmu.
  5. Tahap koreksi
    Saya katakan dalam tahap ini merupakan , tahap yang paling seru dalam proses menulis sebab kamu akan menjadi editor dalam tulisannmu sendiri. Membaca ulang tulisan yang kamu buat dari awal sampai akhir. Perhatikan pula ejaan, dan juga kesinambungan antar kalimat.

Nah, dari sedikit ulasan saya diatas semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Terutama untuk teman-teman yang  memiliki hobi menulis, membuat  karangan tertentu , dan tugas dari sekolah setidaknya dapat menjadi gambaran secara singkatnya…

 

Tinggalkan Komentar