Tips dan Trik Membuat CV di Microsoft Word

Tips dan Trik Membuat CV di Microsoft Word

CV (Curiculum Vitae) atau resume atau daftar riwayat hidup adalah gambaran diri kamu sesungguhnya. Kamu bisa membuat CV di Microsoft word, canva, bahkan website untuk penyedia template CV yang hanya perlu isi data diri dan dalam sekejap CV milikmu sudah jadi. Namun, belum dapat dipastikan data diri yang kamu cantumkan pada web tersebut, akan terjamin secara keseluruhan tidak bocor.

Tips dan Trik Membuat CV di Microsoft Word

Penggunaan CV ini sangat penting adanya. Mulai dari kamu mendaftar suatu organisasi, ketika akan melamar pekerjaan, menjadi pemateri pada suatu acara, dan lain sebagainya. Biasanya, CV dalam bentuk ats friendly dan CV creative.

Microsoft word tak hanya untuk mengerjakan tugas makalah, membuat proposal, dan membuat skripsi saja, kegunaan lainnya yakni membuat curiculum vitae. Kamu bisa membuat desain CV  sekreatif mungkin di microsoft word. Fresh graduate harus punya CV nih, supaya memudahkan ketika melamar pekerjaan setelah lulus.

Curiculum Vitae isi apa saja?

CV atau riwayat hidup, harus berisikan:

  1. Pendidikan tidak perlu kamu cantumkan sejak SD
  2. Harus ada deskripsi diri secara singkat
  3. Cantumkan pengalamanmu dari yang terbaru hingga yang terlama (tidak perlu semua, secukupnya)
  4. Bagian kolom organisasi yang telah kamu ikuti, coba beri deskripsi singkat apa tugasmu di sana
  5. Pilih foto semi formal
  6. cantumkan kontak yang dapat dihubungi (Sosial media, e-mail, nomor telepon)

Hal-hal yang dapat membantumu ketika membuat cv?

Meskipun kamu merasa tidak aktif ketika bersekolah atau berkuliah, kamu dapat menerapkan cara ini ketika membuat CV. Ingat-ingat apakah kamu pernah mengikuti kegiatan atau memiliki pengalaman kerja,  pahami apa skill yang kamu miliki, sesuaikan kata kunci dengan posisi yang tertuju, dan prestasi apa yang kamu miliki. Kamu bisa buat layout penulisan CV seperti ini:

  • Paling atas sebelah kiri, tulis nama dan deskripsi diri
  • Sebelah kanannya tulis kontan yang dapat dihubungi
  • Sebelah kiri pada kolom di bawah nama dan deskripsi, terdapat riwayat pendidikan, dan pengalaman magang
  • Lalu di sebelah kanannya skill dan lain-lain sebagai penunjang
  • Bawahnya lagi tulis pengalaman organisasi
  • Apabila sudah pernah kerja, kamu dapat tulis pengalaman kerja dahulu daripada riwayat pendidikan dan pengalaman magang

Cara membuat Curiculum Vitae (CV) di Microsoft Word:

  1. Cari template resumes and cover letters, pilih yang menurutmu sesuai
  2. Setelah menemukan, kamu bisa atur kembali, kolom atau bagian mana yang ingin kamu pakai dan tidak, yang penting isi pokok dari curiculum vitae harus ada.
  3. Jika ingin menggunakan CV berbahasa Inggris, bisa lakukan langkah ini. Klik review di lembar kosong microsoft word, lalu pilih CV Assistant, klik dan masukkan posisi pekerjaan beserta industriya. Nantinya, kamu akan menemukan referensi terkait posisi dan industri yang telah kamu sesuaikan.
  4. Apabila kamu ingin membuat CV full bahasa Inggris di Microsoft word, kamu dapat melihat resume cover letters di website ocs resume sebagai referensi penulisan CV berbahasa Inggris.

Kesimpulannya, setiap Curiculum Vitae yang kamu buat dapat berbeda-beda, karena harus menyesuaikan tujuanmu untuk apa. Mulai dari tujuan CV untuk daftar organisasi, melamar pekerjaan di kantor, CV untuk magang dan lain sebagainya. Tetapi, untuk poin pentingnya tetap sama dalam setiap CV yang kamu buat (foto, kemampuan, kontak pribadi).  Sekian tips dan trik seputar kepenulisan CV dan pembuatannya CV di Microsoft Word, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *