Apa itu Slice of Life? Genre Favorit Bagi Banyak Orang

Apa itu Slice of Life Genre Favorit Bagi Banyak Orang

Genre ini pasti sudah tidak asing lagi di dengar oleh pecinta buku maupun dunia perfilman. Begitupun memiliki banyak penggemar karena jalan ceritanya yang ringan dan menceritakan kehidupan yang sering kita temuin sehari-hari. Namun bagi beberapa orang masih belum tahu, apa itu genre slice of life?

Apa itu Slice of Life? Genre Favorit Bagi Banyak Orang

Tidak hanya di sastra, Istilah Slice of life sering digunakan dalam dunia seni visual maupun hiburan. Ragam seni ini dipakai untuk menggambarkan karya-karya yang fokus pada kondisi serta situasi menceritakan kehidupan sehari-hari dengan cerita yang ringan.

Penggambaran yang disampaikan pun sangat realistis tanpa banyak memasukan kisah-kisah dramatis yang berlebihan. Selain itu, karya-karya yang menggunakan genre ini banyak juga terdapat pada film maupun anime.

Seperti contoh populer dari genre ini termasuk film seperti “Lost in Translation” dan “Boyhood,” serta seri anime seperti “Clannad” dan “March Comes in Like a Lion.” Genre “slice of life” memberikan pengalaman yang berbeda dengan fokus pada kehidupan sehari-hari yang sederhana namun bisa sangat menggugah.

Ciri – Ciri Khas Genre

Lalu bagaimana perbedaan genre ini dengan genre lainnya, berikut beberapa ciri khas yang sangat menonjol ketika kamu membaca karyanya:

1. Realisme

Cerita dengan genre ini cerung realistis dalam pendekatan mereka terhadap cerita dan karakter. Mereka berusaha menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan cara yang jujur dan autentik.

2. Kurangnya Plot Utama

Sering kali ditemukan pada cerita  genre slice of life tidak memiliki plot utama yang menonjol. Jadi para penulis mungkin lebih fokus pada pengembangan karakter dan momen-momen kecil dalam kehidupan karakter tersebut.

3. Kehidupan Sehari-hari

Genre ini sering menggambarkan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, sekolah, persahabatan, dan hubungan antar karakter.  Ceritanya bisa berjalan dengan tempo yang lebih lambat dibandingkan dengan genre lainnya, walaupun begitu cerita tidak kalah menarik dari genre yang lain.

4. Emosi dan Hubungan

Karya dengan genre ini biasanya mengeksplorasi emosi, konflik interpersonal, dan hubungan antara karakter. Sehingga para pembaca dapat menghadirkan imajinasi yang menggugah perasaan dan mendalam.

5. Kesan Pribadi

Setiap orang dapat menghubungkan diri dengan cerita kehidupan sehari-hari karena mereka sering mencerminkan pengalaman dan perasaan manusia yang umum.  Hal tersebut membuat genre ini menjadi banyak disukai orang.

Bagaimana menurutmu? Apa kamu tertarik membuat suatu karya dengan genre ini? Semoga tulisan diatas bermanfaat yaa dan tetap semangat menulis.

Tinggalkan Komentar