Apa itu Parafrase? Tips Untuk Menghindari Plagiasi

apa itu parafrase

Saat memulai menulis seorang penulis biasanya membutuhkan banyak referensi atau rujukan untuk memberikan informasi yang akurat agar tidak menimbulkan hoaks pada tulisannya. Menjiplak tulisan orang lain juga akan membawa kesan yang negatif, maka dari itu kemampuan untuk menggunakan parafrase pada tulisan sangat dibutuhkan.

Namun sebelumnya, tahukah kamu apa itu parafrase? dan kenapa hal itu penting? hingga tips mudah untuk melakukan parafrase semuanya akan dijawab pada tulisan ini.

Apa itu Parafrase? Tips Untuk Menghindari Plagiasi

Parafrase sebenarnya adalah suatu bentuk upaya menulis ulang gagasan maupun ide pokok menggunakan bahasa sendiri. Parafrase bisa juga diartikan sebagai suatu langkah menuliskan kembali kalimat orang lain dengan pembawaan yang berbeda, tanpa mengubah inti gagasan kalimat.

Menurut KBBI parafrasa adalah kegiatan untuk mengungkapkan kembali tutur dari sebuah tingkatan atau bahasa menjadi lain tanpa mengubah pengertian. Pentingnya parafrasa pada suatu tulisan sebagai sarankan untuk menghindari plagiasi yang akan banyak membawa dampak negatif.

Banyak penulis maupun blogger yang menggunakan parafrase sebagai upaya untuk menghindari plagiarisme. Mereka akan menguraikan kalimat atau teks dalam bentuk suatu susunan kata yang berbeda akan tetapi tidak menghilangkan bagian penting dan makna inti kalimat.

Penulis memberikan kutipan secara tidak langsung dari teks asli. Pada umumnya teks yang seringkali diambil dari narasi, artikel ilmiah, hingga buku referensi lainnya.

Kenapa Parafrase penting?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu teknik menulis ini tujuan utamanya adalah menghindari plagiarisme untuk tujuan lainnya sebagai upaya membuat ide pokok kalimat lebih mudah dipahami.

1. Menghindari plagiarisme

Seberapa berbahayanya plagiarisme bagi penulis? Plagiarisme adalah hal yang melanggar hak cipta atau seringkali dikatakan sebagai pemalsuan karya orang lain, plagiat juga akan membuat citra penulis menjadi buruk.

Parafrase dilakukan untuk menghindari hal tersebut, memberikan ide gagasan dengan bahasamu sendiri akan membantumu terbebas dari plagiarisme. Hal ini tentu tanpa mengubah isi inti gagasan dari sumber yang kamu kutip. Pada penulisan ulang ini penulis wajib memperluas padanan kata dan mengembangkan isi tulisan melalui parafrase.

2. Mengubah tulisan menjadi lebih mudah dipahami

Terkadang tulisan yang terlalu formal akan sulit dipahami oleh orang awam. Penggunaan parafrase bisa dilakukan sebagai upaya menyederhanakan dan ide pokok pada sumber asli, sehingga pembaca tulisan akan lebih mudah memahami.

Seperti pada contoh melakukan parafrase pada novel menjadi suatu naskah sebuah film. Teknik ini akan sangat berguna karena bahasa yang dipakai akan lebih disederhanakan menjadi bahasa sehari-hari akan tetapi tetap tidak melenceng dari informasi yang asli.

Tips Mudah Melakukan Parafrase

Teknik menghindari plagiasi dengan parafrase merupakan kegiatan yang legal dan sah. Akan tetapi ide harus tetap dikembangkan sehingga pembawaan tulisan tetap menarik. Untuk melakukan parafrase dibutuhkan beberapa langkah-langkah penting agar kamu lebih mudah dalam melakukan hal ini.

  • Membaca sumber asli secara keseluruhan dan teliti, Pahami isi teks dengan baik.
  • Tulislah ide pokok gagasan yang ditemukan pada sumber asli.
  • Pastikan menulis ulang kalimat dengan mengambil sinonim alternatif dan hindari membuat susunan kata yang sama persis.
  • Pastikan juga tulisan milikmu masih memiliki ide pokok gagasan yang sama dengan sumber asli.
  • Menggunakan tanda baca yang sesuai dengan bahasamu.
  • Jika menemukan teks yang terlalu panjang ubahlah menjadi beberapa bagian.
  • Buat tulisanmu menjadi lebih sederhana dan lebih mudah dipahami pembaca.

Kesimpulannya dalam melakukan parafrase, sebelumnya harus benar-benar memahami ide pokok sumber asli. Sebaiknya membaca dahulu sumber dengan seksama dan banyak mengambil sumber rujukan agar informasi lebih akurat dan terpercaya.

Tidak lupa juga seperti yang sudah dibahas pada tulisan ini, saat melakukan penulisan ulang membutuhkan pengembangan kata agar lebih menarik dan mudah dipahami. Pengetahuan kosa kata yang luas akan sangat membantu mempermudah penyederhanaan tulisan, hal tersebut dapat dilakukan dengan rajin membaca buku. Jadi jangan lupa juga untuk tetap membaca buku yaa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *