Yuk Kenali Apa Itu Essay dan Cara Membuatnya

Yuk Kenali Apa Itu Essay dan Cara Membuatnya

Apa itu essay ? kamu sering mendengar, tetapi belum paham membuatnya?. Untukmu yang gemar menulis, kamu harus coba membuat karya tulis ini. Tapi, sebelum kamu mencoba ikut lomba essay, kamu wajib simak artikel di bawah ini.

Pengertian essay?

Essay adalah salah salah satu jenis karya tulis yang berisi kombinasi antara fakta dan opini. Essay lebih bersifat subjektif dari sudut pandang penulisnya yang bersifat analitis, spekulatif, dan interpretatif. Yang mencakup narasi yang bisa berupa kritik, argumen, sastra dari pengamatan kehidupan sehari-hari dan refleksi penulis.

Tak hanya itu, ada perspektif lain terkait definisinya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian essay merupakan karangan prosa yang membahas suatu persoalan dari sudut penulis secara sepintas.

Sedangkan menurut ilmu jurnalistik, essay adalah tulisan yang memuat pendapat seseorang tentang suatu persoalan ditinjau secara subjektif.

Jenis-jenisnya

  • Cerita : untuk melukiskan, atau menghadirkan baik barang, seseorang, maupun sesuatu lainnya agar mampu dibayangkan oleh pembaca. Essay ini bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat bentuk, mendengar suara, mengecap rasa, maupun mencium bau dari suatu barang, atau seseorang, atau sesuatu lainnya yang dihadirkan penulis dalam tubuh karya tulis tersebut.
  • Argumentatif : untuk meyakinkan pembaca untuk menerima ide, pandangan, sikap, maupun kepercayaan penulis terhadap suatu isu atau permasalahan.
  • Deskriptif : merupakan essay yang mendeskripsikan seseorang atau benda.
  • Tajuk : jenis essay yang dimuat di dalam surat kabar yang menjadi tempat untuk menyalurkan pendapat masyarakat guna menyatakan pandangannya terhadap suatu peristiwa yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat tersebut.
  • Cuplikan watak : memungkinkan seorang penulis untuk menyelipkan cuplikan dari watak seseorang terhadap isu, kepada pembaca.
  • Pribadi : penulis secara frontal mengungkapkan pendapatnya terhadap isu yang diangkat dalam essay.
  • Reflektif : essay yang ditulis untuk merenungkan suatu isu politik, kebijakan pemerintah, dan lainnya yang biasanya ditulis oleh seorang pakar/ahlinya guna menanggapi isu isu tersebut
  • Kritik : merupakan essay yang menilai baik atau buruk, bermanfaat atau tidaknya, kelebihan atau kekurangan suatu hal, baik berupa karya seni maupun karya sastra
  • Dan artikel penelitian : jenis essay yang berisi tentang hasil hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian.

Tujuan membuatnya?

  • Bertujuan untuk mencoba meyakinkan pembaca untuk menerima ide, pandangan, sikap, maupun kepercayaan penulis terhadap suatu isu atau permasalahan. Jenis argumentative akan berusaha mengungkapkan kebenaran dari suatu ide dengan motif agar nantinya pembaca pada akhirnya akan berpihak pada penulis dan berbuat sesuatu berdasarkan opini.
  • Memberikan informasi terkait topik yang dibahas
  • Menerima pendapat penulis karena setiap penulis memiliki sudut pandang yang berbeda-beda

Cara membuatnya? Ini struktur kepenulisannya

  • Pendahuluan

penulis dapat memberikan sedikit pendapatnya mengenai tema yang akan di bahas.

  • Pembahasan

Pembahasan atau isi merupakan bagian yang menjelaskan mengenai tema atau topik yang akan ditulis secara detail dan terperinci. Dasar-dasar dari penyusun argumentasi juga dijelaskan di bagian isi.

Contohnya teori atau pendapat para ahli yang dikombinasikan dengan data serta fakta yang ada di lapangan. Pembaca akan mempercayai opini penulis yang disampaikan melalui teori, data, dan fakta yang dituliskan.

  • Penutup

Menjadi bagian akhir, penutup atau kesimpulan ini menjadi poin berupa kalimat yang merangkum hal-hal penting yang sudah diulas pada bab pendahuluan dan pembahasan.

Penutup yang berisikan kesimpulan, penulis juga diperbolehkan untuk memberikan saran berdasarkan pengamatannya, secara singkat, padat, dan jelas. Guna pembaca dapat lebih mudah memahami keseluruhan, serta mengetahui sudut pandang dari penulis.

Yuk ikuti lomba menulis essay, berbekal pengetahuan di atas, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *