7 Trik Menulis Cerpen Yang Dapat Membuat Orang Ingin Membaca

tips menulis cerpen

 

kalian pasti tahu cerpen kan ? iya jelaslah taulah. blog gue juga mayoritas tentang cerpen. langsung ke persoalan aja, beberapa tips ini mungkin sudah kalian dengar sebelumnya. tapi mungkin kalian belum menerapkan, sehingga belum maksimal dalam membuat sebuah cerpen.

1. tentukan tema.

untuk yang ini kalian pasti sudah faham. hal pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat cerpen adalah menentukan cerita tentang apa yang akan kalian buat. seumpama kalian ingin membuat sebuah cerpen cinta, maka kalian harus mencari tema cinta yang sesuai dengan cerita kalian.

2. buat plot/alur cerita.

setelah kalian menentukan tema, kali ini kalian diharuskan untuk membuat sebuah plot atau alur cerita. dalam ilmu sastra alur dibagi menjadi 3, yang pertama alur maju.
artinya kalian akan membuat cerita dengan arah saat ini menuju yang akan datang. dengan kata lain tidak ada flash back atau membahas masa lalu.
yang kedua adalah alur mundur, artinya kalian akan membuat cerita flashback, atau yang berhubungan dengan masa lalu. terahir adalah alur campuran, disini kalian mengkombinasikan antara alur maju dan mundur. alur seperti ini sering digunakan dalam sinetron-sinetron.

3. buat logline.

apa itu logine?. logline adalah inti cerita hanya dalam satu atau dua kalimat saja. dalam menulis logline juga gak sembarangan. kalian harus mengikuti rumus berikut :
karakter + tujuan + halangan
seperti contoh, andi ingin nembak cewek, akan tetapi si cewek udah punya pacar. nah seperti itulah logline. logline akan sangat berguna untuk mengembangkan dan membangun plot.

4. bagi cerita menjadi tiga babak.

meskipun dalam pelajaran bahasa indonesia juga dikenalkan “perkenalan, mulai muncul konflik, konflik, penurunan, sampai penyelesaian”, gue akan kasih kalian lebih simpelnya. artinya tiga bagian ini sudah mengandung 5 tahapan dalam bahasa indonesia.

a. menunjukkan keinginan karakter.

pada bagian ini kalian harus bisa menunjukkan keinginan karakter yang akan di raih dalam akhir cerita nanti. disini sudah mengandung perkenalan.

b. menunjukkan usaha karakter.

apa yang dilakukan karakter untuk mencapai tujuannya kalian jabarkan semua disini, nanti akan timbul koflik-konflik yang akan mengarah pada inti cerita.

c. hasil usaha.

meskipun karakter sudah berusaha keras untuk mencapai tujuannya, kalian boleh memberi mereka hasil yang kurang memuaskan. seperti kegagalan atau apa gitu. intinya dibab ini akan ada penyelesaian dari masalah yang dihadapi karakter.

5. jangan kasih tahu, tapi kasih lihat.

 
maksud dari kata-kata itu adalah, kalian harus dapat mendeskripsikan sifat tokoh dengan prilaku-prilaku keseharian tokoh. seperti, jika tokoh sombong kalian bisa tulis “andi sangat suka mengumbar barang mewah didepan teman-temannya”. jangan kalian tulis “andi adalah anak sombong dan suka pamer”. itu hanya akan mempersingkat cerita, dan pembaca akan segera tahu akhir cerita menurut sifat tokoh.

6. cara buka cerita.

lah ini terkadang sering dilakukan penulis-penulis pemula. mereka akan menceritakan awal cerita dengan settingan tempat atau waktu. seperti “siang itu, malam itu, disuatu hari “. sebenernya bukan masalah, tapi menurut gue terlalu mudah menebak apa yang akan terjadi. pembaca akan bosan hanya dengan melihat awalan cerita. namun, jika kalian membuaka cerita dengan konflik, pembaca akan merasa cerita ini harus dibaca untuk mengetahui apa yang menyebabkan konflik. atau kalian bisa mulai dengan membuat penasaran. 

7. beri nama biasa saja.

kalian pernah dengar nama arif? abi? andri? yah itu nama yang cukup familiar ditelinga, dan sering gue pakek untuk menjadi nama tokoh di cerita gue. namun, jika kalian pakek nama yang gak mungkin ada, apa pembaca bakal yakin cerita ini bakal terjadi? padahal pembaca ingin berimajinasi cerita ini ada.
intinya buat nama yang kalian ketahui, jangan membuat nama yang tak mungkin ada.
oke teman-teman, hanya segitu saja tips menulis cerpen dari gue. inti dari semua itu adalah kalian harus rajin menulis dan mencoba. bisa karena mencoba, mencoba kalian harus menerapkan 7 trik diatas. karena sebaik-baiknya cerita pasti dilihat dari bagaimana proses yang ada. semakin seru konflik, semakin hidup cerita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *